20.733 Pemudik Masuk ke Ciamis

186
0
DICEK SUHU TUBUH. Petugas medis memeriksa suhu tubuh pengendara yang akan masuk ke Ciamis melalui jalur Cirahong Senin (6/4). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Jumlah pemudik atau migrasi dalam pemantauan (MDP) yang sudah masuk ke Ciamis sampai Senin (6/4) mencapai 20.733. Mereka terdata para petugas di sembilan posko perbatasan.

Ketua Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Kabupaten Ciamis dr Bayu Yudiawan menjelaskan bahwa per hari, jumlah pemudik yang masuk ke Ciamis terus menurun. Itu setelah Pemerintah Kabupaten Ciamis memberlakukan karantina lokal terbatas.

Baca juga : Efek Corona, Peternak di Ciamis Makin Kesulitan

“Dibanding tertanggal Hari Nyepi 25 Maret 2020, pertambahan jumlah pemudiknya berbeda signifikan. Kalau dulu nambah per harinya itu sapa 2.000 pemudik sampai 3.000 orang pemudik, kalau sekarang bersyukur menurun 200 sampai 300 orang pemudik. Mudah-mudahan berlaku seterusnya, sehingga teman-teman pemantauan bisa ringan tugasnya,” ujar Bayu kepada wartawan Senin (6/4).

Terkait pertanyaan apakah Pemkab Ciamis menyiagakan isolasi massal karena banyak pendatang dari zona merah, kata Bayu, skenario tersebut sudah pihaknya siapkan jauh-jauh hari. Itu bila PDP tidak tertampung di rumah sakit.

“Jadi hal itu sudah kami pikirkan jauh-jauh hari, namun semoga Ciamis aman. Pada intinya, masyarakat jangan keluar rumah kalau tidak penting-penting amat. Dukung program pemerintah agar bisa cepat selesai,” paparnya.

Bayu menjelaskan sampai kemarin, jumlah pasien yang positif Covid-19 yaitu 1 orang. Yang bersangkutan menjalani perawatan di rumah sakit. Timnya saat ini masih melakukan pemantauan kepada orang-orang yang kontak dengan pasien tersebut.

Sementara itu jumlah pasien dalam perawatan (PDP), kata Bayu, masih 10 orang. Namun pihaknya masih memantau orang-orang yang kontak langsung dengan para PDP tersebut.

Baca juga : 13.036 Pemudik ke Ciamis Dalam Pemantauan

“Mengenai PDP yang satu meninggal dulu, hasilnya sudah keluar. Ternyata negatif,” ujarnya. “Hasil pengkajian, (pasien) meninggal karena penyakit kronis,” tambahnya.

Berapa jumlah orang dalam pemantauan (ODP)? Menurut Bayu, jumlah ODP mencapai 1.284 orang. Sebanyak 264 diantaranya sudah selesai menjalani masa pemantauan dan 1.020 masih dalam pemantauan. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.