20 Peristiwa Kebakaran Terjadi

120

PARIGI – Sejak Januari hingga Juli tercatat ada 20 peristiwa kebakaran di Kabupaten Pangandaran. Kebakaran yang terjadi itu paling dominan disebabkan oleh human error atau kelalaian manusia.

”Sekitar tiga kejadian tidak tertangani,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (PKPBD) Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena Kamis (12/7).

Penyebabnya kebakaran, terang dia, didominasi faktor kelalaian manusia. Mulai dari tungku, pembakaran daun kering dan juga kebocoran gas. ”Kalau kejadian kebakaran akibat korsleting listrik cuma sedikit,” jelasnya.

Kebanyakan rumah yang terbakar adalah jenis rumah permanen. Sehingga kerusakan yang ditimbulkan cukup parah. ”Kalau untuk kejadian yang paling besar itu adalah kebakaran di garasi budiman dan kebakaran pabrik sabut kelapa,” terangnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati saat membakar daun kering atau menyalakan gas dan api dalam tungku. ”Kalau habis masak, ya apinya cepat dimatikan. Jangan membakar daun kering di dekat rumah,” jelasnya.

Sementara itu, dengan beberapa peristiwa kebakaran yang terjadi, menurut dia, perlu adanya penambahan armada sebagai solusi. ”Kita punya armada dua. Yang berfungsi sebagai pemadam cuma satu, kalau yang satunya lagi sebagai pengangkut air. Menambah posko pemadam juga perlu karena wilayah yang ada di Pangandaran jaraknya cukup jauh,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.