Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4%

19.6%

8.1%

68.2%

20 Warga Cipatujah Tasik Positif Corona, 232 Tetangga di-Swab PCR Massal

4218
0
Sosialisasi Covid-19
Petugas Gabungan saat melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga Cipatujah Kabupaten Tasik tentang protokol kesehatan. Istimewa/ radartasikmalaya.com

CIPATUJAH – Kasus positif Covid 19 di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya kembali bertambah, jadi 20 orang. 232 Tetangga di-Swab PCR Massal.

Hal ini sesuai hasil Swab PCR yang dilaksanakan tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Tasik.

Berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Covid-19 sampai Kamis (30/07), jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya bertambah menjadi 32 kasus.

20 kasus diantaranya berasal dari cluster keluarga di Kecamatan Cipatujah, hasil Swab PCR.

Sebelumnya, kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tasik, berjumlah 15 kasus, dimana satu pasien diantaranya berasal dari Kecamatan Cipatujah, dan sudah meninggal dunia.

Baca juga : 40 Pegawai Gedung Sate Positif Covid-19, 17 Diantaranya PNS

Dari pasien yang meninggal dunia tersebut menular ke anak serta menantunya yang statusnya sepasang suami istri yang bekerja di Puskesmas Cipatujah.

Kemudian, hasil tracing tim Gugus Tugas Covid-19, diduga menyebar ke warga yang kontak erat dengan kasus suami isteri dan yang meninggal dunia.

Hal ini sesuai yang diungkapkan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya dr Heru Suharto MMKes.

Perkembangan dari kasus positif Covid-19 yang menimpa suami istri yang bekerja di Puskesmas Cipatujah, menular ke warga yang kontak erat dengan lainnya.

“Penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya bertambah menjadi 32 kasus. Tiga pekan ke belakang hanya 15 kasus. Untuk kasus Klaster Cipatujah bertambah dari dua menjadi 20, termasuk yang satu orang wafat, dan satu yang sembuh,” kata Heru, kepada Radar, Kamis (30/7) malam.

Menurut dia, pasca kedua pasangan suami istri yang terkonfirmasi positif Covid-19, Tim Gugus Tugas Covid-19 sudah melakukan Pembatasan sosial Berskala Mikro (PSBM) di Desa Cipatujah.

“Bahkan, sebanyak 232 warga sudah menjalani Swab PCR masal. Hasilnya kita masih menunggu. 232 orang tersebut ditenggarai ada kontak erat dengan pasien yang wafat. Hasilnya mudah-mudahan negatif,” paparnya.

Selain itu, tambah dia, di Desa Cipatujah dibuat posko Covid-19 dengan dijaga petugas gabungan Polisi, TNI, BPBD, Tenaga Medis, Dishub dan Satpol PP yang gencar melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di Cipatujah.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana SIK mengatakan, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pihak kepolisian membantu membackup pengamanan bersama tim gugus Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya di Cipatujah.

“Kami membantu di posko pengamanan Covid-19 di Cipatujah melakukan penyekatan dan memberikan himbauan kepada masyarakat atau pengendara, agar memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan,” kata Hendria.

Dia menambahkan bahwa kepolisian pun ikut membantu mengatur keluar masuk pengendara dan kendaraan bersama Dishub dan TNI di Cipatujah.

Agar masyarakat yang masuk bisa lebih terawasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kapolsek Cipatujah Iptu Rokhmadi SH mengatakan Polsek Cipatujah bersama Puskesmas Cipatujah, Satpol-PP, TNI melaksanakan pengamanan di Posko Covid-19 untuk melakukan penyekatan dalam rangka PSBM.

“Dengan giat memeriksa suhu tubuh guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan memberikan himbauan kepada masyarakat supaya tetap memakai masker,” kata dia.

Serta, tambah dia, tim gabungan dari Gugus Covid-19 pun mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun atau cairan handsanitizer.

“Sebagai proteksi diri agar terhindar dari penyebaran Covid-19 yang saat ini ada kasus di Cipatujah,” tambah dia.

(diki setiawan)

Berita terkait :

Satu Warga Cipatujah Tasik Diduga Positif Corona Meninggal Dunia
Suami Istri Pegawai Puskesmas Cipatujah Tasik Positif Corona, Besok 1 Desa Diiolasi
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.