2015 Kios Block A1 Pasar Cikurubuk Kota Tasik Terbakar, Sekarang Mau Diperbaiki

108
0
PERTEMUAN. Kepala Dinas KUMKM Perindag H M Firmansyah bertemu dengan pedagang Blok A1 Pasar Cikurubuk Rabu (5/2). Mereka membahas pembangunan kios-kios yang terbakar pada 2015 RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

MANGKUBUMI – Pemerintah akan membangun kios di Blok A1 Pasar Cikurubuk. Anggarannya telah siap sebesar Rp 5 miliar. Itu bantuan dari Pemprov Jabar. Sebelumnya, kios-kios di Blok A1 Pasar Cikurubuk terbakar pada 2015.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindag Kota Tasikmalaya H M Firmansyah menyebutkan upaya perbaikan sempat akan dilakukan pada tahun 2017.

Baca juga : Tiap Hari, Hindun Warga Kota Tasik Hidup Dalam Ketakutan

Akan tetapi karena belum sesuai dengan kebutuhan pedagang perbaikannya ditunda. “Karena waktu itu kan kiosnya ditambah jadi mengurangi ukuran kios yang ada,” ujarnya.

Tahun ini, kata Firmansyah, pihaknya kembali mendapatkan bantuan dari Gubernur Jabar sebesar Rp 5 miliar. Rencananya Blok A1 tersebut akan dibangun dengan prototype standar standar nasional Indonesia (SNI). “Kalau yang ini jumlah kiosnya masih disesuaikan dengan sebelumnya,” tuturnya.

Standar SNI yang dimaksud yakni blok tersebut dilengkapi dengan ruang laktasi, toilet yang representatif dan fasilitas lainnya. Namun belum dipastikan apakah keberadaan fasilitas itu akan mengambil lahan kios atau tidak. “Karena DED (Detail Engineering Design, Red) belum dibuat jadi belum kita ketahui teknisnya,” katanya.

Dinas KUMKM Perindag, kata Firmansyah, mulai menyosialisasikan revitalisasi tersebut kepada para pedagang Blok A1 di Aula Hippatas, Rabu (5/2). Dia menargetkan pembangunan blok tersebut bisa mulai dilaksanakan pada bulan Maret mendatang.

Baca juga : Siswi MTsN 3 Kota Tasik itu Diculik Orang Misterius

Pada masa pembangunan nanti, sementara pedagang akan direlokasi ke tempat lain. Dalam hal ini, H Firman meminta warga tidak berharap muluk terkait tempat relokasi tersebut karena bukan bersifat permanen. “Nanti kita cari lahan yang tidak terlalu jauh,” katanya.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Tasikmalaya (Hippatas) H Jahid SH menyambut baik langkah dari Pemkot tersebut. Pasalnya Blok A1, kata dia, belum pernah diperbaiki pasca kebakaran lebih dari empat tahun lalu. “Alhamdulillah pada prinsipnya kami menyambut baik,” ujarnya.

Akan tetapi dalam hal ini pemerintah harus se-transparan mungkin kepada pedagang. Pihaknya tidak ingin pembangunan dilakukan tidak sesuai kebutuhan dan keinginan para pedagang. “Karena pada prinsipnya pedagang ingin pembangunan kios seperti sebelumnya,” ujarnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.