2019 Pelajar SD se-Kota Tasik Main Angklung Bareng Budi-Yusuf

134
1
Loading...

KOTA TASIK – Ada hal unik saat peringatan Hari Angkling Sedunia (Angklung Day) ke-9, Senin (9/12) di Kota Tasikmalaya.

Sebanyak 2019 siswa dari berbagai Sekolah Dasar (SD) memainkan angklung bareng di halaman Bale Kota Tasikmalaya.

Kegiatan tersebut dikolaborasikan dengan peringatan HUT PGRI ke-48 tingkat Kota Tasikmalaya dan peringatan Hari PGRI ke-74.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Buriman, Wakil Wali Kota, HM Yusuf, Sekda Ivan Dicksan, para pimpinan SKPD dan lainnya turut hadir.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula sanggar Angklung Punakawan Tawang, Teacher musik Comunity UPI Kampus Tasikmalaya dan Kampung Angklung Panyingkiran Ciamis.

Para siswa memainkan beberapa lagu wajib nasional dan juga daerah. Budi dan jajarannya juga didaulat untuk bersama-sama memainkan angklung menyanyikan lagu wajib dan lagu daerah seperti Indonesia Raya, Padamu Negeri, Manuk Dadadali dan lain sebagainya.

Loading...

Ketua Ticher Musik Comunity UPI Tasikmalaya, Angga Maulana mengatakan, memainkan angklung yang diikuti sekitar 2019 pelajar SD ini bertujuan agar para generasi penerus bangsa khususnya orang Sunda tidak melupakan seni dan kebudayaan sendiri.

“Bahkan diharapkan bisa mempertahankan juga mengembangkan kesenian angklung ini biar terus bergema tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia,” paparnya kepada wartawan.

Wakil Wali Kota, HM Yusuf mengapresiasi kegiatan ini. Peringatan hari angklung ini merupakan bagian dari upaya pelestarian kearipan lokal.

“Apalagi kesenian angklung ini kan sudah mendunia dengan adanya pengakuan dari UNISCO. Makanya hari ini kita peringati hari angklung sedunia, padahal didunia ini angklung hanya ada di kita,” tuturnya.

Pihaknya akan lebih menghidupkan lagi kesenian angklung di Kota Tasikmalaya melalui kegiatan-kegiatan oleh kelompok-kelompok seni yang ada.

“Termasuk kita akan mbuat kampung angklung. Jangan sampai kampung angklung hanya ada di daerah lain tetapi di kita tidak ada,” jelasnya.

(rezza rizaldi / radartasikmalaya.com)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum
    Maaf sebelumnya, saya mengoreksi sedikit terkait nama ketua umum teacher music community salah. Seharusnya Akbar Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.