Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.4%

54.4%

6.9%

0.7%

13%

0%

22.4%

0%

2019, Pemkot Tasik Optimis Raih Adipura

46
0

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya melakui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengaku optimis bisa meraih Adipura 2019. Seperti kita ketahui, Kota Tasik yang sudah berusia 18 tahun tak pernah meraih penghargaan tersebut.

“Karena saat ini penilaian Adipura direvolusi. Yaitu kembali ke titik nol. Bukan masalah kebersihan kota, tapi bagaimana cara menangani sampah di perkotaan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah DLH, Iwan Setiawan kepada radartasikmalaya.com, Senin (2/12).

Terang Iwan yang ditemui di DPRD Kota Tasik sebelum rapat dengan Komisi II, mengapa pihaknya optimis bisa meraih Adipura karena penataan sampah di Kota Santri -julukan Kota Tasik- sudah tertata dengan baik. “Tapi memang masih ada masalah, tapi itu hal kecil,” terangnya.

“Yangi jadi masalahnya hanya ada sapi dan sanitasirenfile di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciangir. Tapi itu bisa kita tuntaskan. Penangannya sudah lebih dari 50 persen. Sapi sedang ditindaklanjuti prosesnya. Itu ada pengurugan atau penimbunan sampah di zonasi yang sudah tidak terpakai,” sambungnya.

Beber dia, rasa optimis ini juga timbul karena melihat secara pendataan pengelolaan sampah sanitasirenfile telah berjalan dan tidak open dumping. “Dibandingkan kota lain sih seperti itu. Kita lebih baik,” bebernya.

Selain itu, tambah dia, timbangan sampah juga berjalan. “Makanya pihak provinsi juga mendorong untuk kita. Secara umum, pengelolaan di lahan TPA seluas 11 hektare sudah berjalan lebih baik dibandingkan daerah lain di Jawa Barat,” tambahnya.

Maka dari itu, jelas dia, pihaknya optimis sangat bisa meraih Adipura. “Mungkin kita meraihnya di kategori II. Mungkin juga karena bisa meraih Adipura dilihat dari hal kinerja pengelolaan sampahnya,” jelasnya.

Tukas dia, apalagi dokumen Jeksrada (Kebijakan Straregi Daerah) sebagai komitmen kepala daerah dalam penanganan sampah telah berjalan di Kota Tasik.

“Dan kita sudah mengirim itu karena sudah sangat siap. Kita masuk di 12 besar saat ini di tingkat provinsi. Insya Allah kita optimis makanya,” tukasnya.

(rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.