2021 Pembebasan Lahan Jalan Tol Baticap di Kota Tasik, Pintu Tetap di Sewaka

17815
7

KOTA TASIK – Penetapan lokasi (Penlok) jalur jalan tol di Kota Tasikmalaya bakal segera ditetapkan dalam waktu dekat ini.

Penetapan penlok jalan Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap (Baticap) ini rencananya akan dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Hal itu dibenarkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan. Kata dia, proses pembahasan jalur tol yang akan melintasi wilayahnya sudah final.

“Sudah ada pembahasan terkait jalur jalan yang akan di lalui jalan tol. Bahkan untuk Kota Tasik jalurnya sudah fix. Kita tinggal menunggu daerah lain, mudah-mudahan daerah lain juga sudah fix,” katanya kepada wartawan, Kamis (24/09) siang.

Terang Ivan, dengan sudah tuntasnya pembahasan penlok tersebut, maka berdasarkan informasi dari KemenPUPR proses pembebasan lahan jalur tol pun akan dilaksanakan pada tahun depan, 2021.

Selanjutnya, beber Ivan, setelah penlok ditetapkan dan dilakukan pembebasan lahan maka tahapan-tahapan selanjutnya pembangunan jalan tol segera dilaksanakan.

“Bila penlok sudah ditetapkan dan pembebasan lahan selesai, tinggal dilanjutkan pada tahapan selanjutnya,” bebernya.

Ivan menambahkan, jalur tol tersebut melewati empat kecamatan yakni Kecamatan Mangkubumi, Kawalu, Tamansari dan Kecamatan Cibereum dengan exit tolnya sendiri di Jalan Sewaka.

Dia berharap masyarakat dapat mendukung proses pembangunan jalan tol tersebut, dan kepada seluruh pemilik lahan yang lahannya terlalui, agar segera mempersiapkan dokumen kepemilikan lahannya sesuai yang telah ditetapkan.

“Nanti kita dari pemerintah baik pusat maupun kota akan segera membuat aturan atau prosedur tentang pembebasan lahan,” tambahnya.

Jelas dia, untuk penetapan harga lahan yang akan terlewati tol itu pemerintah telah menyiapkan tim independen yang akan menetapkan harga, baik harga tanah, bangunan, pohon dan yang lainnya yang disesuaikan dengan hasil pengkajian tim appraisal.

“Jadi masyarakat maupun pemilik lahan tidak harus berspekulasi terkait harga, karena pemerintah pasti akan memutuskan seadil-adilnya sesuai ketentuan yang berlaku,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

7 KOMENTAR

  1. Mohon pa sy tinggal di kota Bekasi terkena dampak Pembebasan lahan tol japek 2 Selatan untuk kota Bekasi. Sudah terlalu lama 8bulan danom dari pengumuman sampe sekarang belom ada kepastian sedangkan covid tambah sulit mohon di croscek BPN kota Bekasi ada apa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.