215 Warga Mangkubumi Kota Tasik Keracunan, Pemkot Tetapkan KLB

920
1
radartasikmalaya.com
Wali Kota Tasik, Budi Budiman nengok korban keracunan massal yang masih dirawat di SDN Puspasari Mangkubumi, Minggu (11/10) malam. diskominfo kota tasik for radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasik akhirnya menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait kasus keracunan makanan yang terjadi di Kecamatan Mangkubumi, dengan korbannya yang hingga Minggu (11/10) malam mencapai 215 orang.

“Saat ini total korbannya 215. Maka saat itu juga kami menginstruksikan untuk menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB),” ujar Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman kepada wartawan.

Terang Budi yang ditemui usai menengok korban keracunan massal yang masih dirawat di Puskesmas Mangkubumi, seluruh yang berkaitan dengan biaya perawatan pasien keracunan ini ditanggung pemerintah.

“Dan kita berharap 44 pasien lagi yang masih dirawat dapat segera sembuh. Kejadian ini menjadi pembelajaran bagi kita semua,” terangnya.

“Artinya yang saya sampaikan soal Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta 3M (pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) harus ditaati serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

Budi berpesan kepada pihak keamanan agar memperketat keluar masuk para penjenguk.

Loading...

Agar, 3M tetap diterapkan ketika menangani korban keracunan ini.

“Artinya kalau ada yang jenguk tak pakai masker jangan masuk ke ruangan perawatan. Dan jangan banyak-banyak. Keluarga yang menunggu pasien silakan di luar ruangan saja karena kondisi pandemi saat ini tak memungkinkan,” jelasnya.

Hingga Minggu (11/10) malam, total kasus keracunan ini mencapai 215 kasus. Rinciannya:

1. Dirawat 44 orang.
2. Sembuh 171 orang.

Jika dikategorikan kelompok umur rinciannya adalah:

1. 87 anak-anak.
2. 108 dewasa.
3. 20 lansia.

Tingkat gejala sakit:

1. Sakit ringan 171 orang
2. Sakit sedang 18 orang
3. Sakit berat 26 orang

Keadaan sekarang yang dirawat:

1. RSUD dr Soekardjo 25 orang
2. RS TMC 1 orang
3. Puskesmas Mangkubumi 17 orang
4. Klinik Azahra 1 orang

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Semoga cepat sembuuuuh, hatur nuhun pa Walikota beserta rombongan, pamugi mugi tambih langung sehat, sdehat lahir batin kanggo keluarga pa Wali, kitu oge kitu oge dorong du’a ti abdi kasadaya Warga Masyarakat dan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Semoga Panjang Umur dan Seeeeeehat Selamanya, Insyha’Alloh”, salam baktos ti abdi ka para wargi dipalih dinya Asssalamu’alaikum Wrr Wb, ?……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.