217 Desa di Garut Siap Ikut Pilkades Serentak

32
0
H Rudy Gunawan Bupati Garut
H Rudy Gunawan Bupati Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Garut akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di tahun 2021. Ada 271 desa yang akan melaksanakan Pilkades karena kepemimpinan kepala desanya sudah habis tahun ini.

“Kita laksanakan Pilkades Serentak di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Jumat (12/2/2021).

Penerapan protokol ketat seperti membatasi kerumunan masyarakat di tempat pemungutan suara (TPS).”Sesuai SK Mendagri, Permendagri dan Surat Edaran Mendagri, satu TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pilkades hanya untuk 500 hak pilih,” katanya.

Menurut dia, jika biasanya dalam Pilkades TPS dipusatkan di satu tempat, nantinya di setiap desa yang menggelar Pilkades, akan dibangun TPS lebih dari satu. Disesuaikan dengan jumlah pemilih dengan ketentuan tiap TPS maksimal 500 pemilih.

Baca juga : Linmas Karangtengah Garut Diberi Reward

loading...

Rencananya, pelaksanaan Pilkades dilaksanakan 8 Juni 2021.Rudy berharap pelaksanaan Pilkades di masa pandemi ini berlangsung dengan bebas, jujur dan adil.“Harus sukses, sukses dari sisi penyelenggaraan dan dari sisi akses demokrasi, masyarakat bisa memilih secara bebas, jujur dan adil serta rahasia,” katanya.

Rudy melihat saat ini minat warga untuk menjadi kepala desa cukup tinggi. Karena, dari pantauannya, saat ini banyak desa yang calon kepala desanya sudah muncul lebih dari lima nama. Padahal, ketentuannya Pilkades diikuti oleh lima calon, hingga diperlukan seleksi calon kepala desa melalui tes.

“Dari laporan sementara, dari hasil uji lapangan, saat ini diperkirakan ada 125 desa yang calonnya lebih dari lima orang, makanya perlu ada tes sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.