Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.7%

8.1%

3.5%

23.6%

2.3%

45%

0.1%

16.7%

0%

219 Narapidana Dapat Remisi

40
0
LEBARAN. Warga binaan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klas II B Tasikmalaya melaksanakan Salat Id, Rabu (5/6). FOTO: Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

TASIK – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tasikmalaya memberikan remisi terhadap 219 orang narapidana di momen hari raya Idul Fitri, Rabu (5/6).

Kepala Seksi Pembinaan Lapas kelas II B Tasikmalaya Yudo Adi Yuwono menerangkan, dari total 364 warga binaan, hanya 219 narapidana saja yang mendapatkan remisi atau mengurangkan masa tahanan. “Yang diberikan remisi ini warga binaan yang memang sudah memenuhi syarat,” tutur dia.

Dia merinci, jumlah tahanan yang mendapatkan remisi itu antara lain 113 orang dengan remisi 15 hari, 95 orang satu bulan, tujuh orang satu bulan 15 hari, seorang dua bulan dan tiga orang dibebaskan. “Yang tiga orang yang bebas ini ada masa tahanan satu bulan dan 15 hari,” ujar dia.

Menurut Yudo, syarat warga binaan yang mendapatkan remisi itu minimal sudah menjalani masa tahanan selama enam bulan. “Untuk secara administrasi ada petikan putusan vonis. Secara substantif mereka tidak ada pelanggaran atau tidak masuk ke register F. Itu baru berhak mendapatkan remisi dengan catatan tidak ada pelanggaran. Ketika ada pelanggaran remisi tidak bisa diberikan,” tutur dia. Bentuk-bentuk pelanggaran yang dimaksud di antaranya membawa alat komunikasi seperti hand phone atau berkelahi di lapas.

Dalam prosesnya, remisi itu diusulkan secara online ke kantor wilayah (kanwil) diteruskan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Setelahnya disetujui menteri. Pemberian remisi di tahun ini paling banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Paling banyak di lapas ini kasus narkoba,” tutur dia.

Salah seorang narapidana yang dapat remisi, Dedi Suryadi (67) bersyukur bisa mendapatkan remisi. “Alhamdulillah dapat remisi 1,5 bulan dan bulan Agustus ini bisa bebas,” katanya.

Setelah menghirup udara bebas, dia bertekad untuk mengubah perilaku menjadi lebih baik lagi. (ujg)

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.