23 Nakes Puskesmas di Garut Positif Covid-19, Pelayanan Dibatasi

9
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com
Loading...

TAROGONG KIDUL – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mencatat ada puluhan tenaga kesehatan (nakes) di beberapa layanan kesehatan di Kabupaten Garut terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan banyaknya nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, pelayanan kesehatan di Garut pun mulai dibatasi.

“Informasi terakhir ada 23 nakes yang positif Covid-19 di sejumlah Puskesmas. Bahkan ada satu bidan juga meninggal,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani kepada wartawan, Senin (11/1).

Leli menerangkan tenaga kesehatan yang positif Covid-19 dan meninggal dunia awalnya didiagnosis tifoid. Namun, setelah dilakukan swab test, nakes itu juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga : HATI-HATI.. Hujan Turun Salawu-Garut Rawan Longsor

Loading...

Menurut Leli, nakes tersebut sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Lantaran kondisinya membaik, nakes tersebut diperbolehkan pulang dan menjalani isolasi mandiri. “Meninggal saat isolasi mandiri,” terangnya.

Sementara untuk 23 nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak lima orang di antaranya menjalani isolasi mendiri. Sementara sisanya menjalani isolasi di tempat yang telah disediakan Pemerintah Kabupaten Garut.

Ia menyebutkan seluruh nakes itu berasal dari sejumlah puskesmas di Kabupaten Garut.

“Kalau rumah sakit saya tidak hitung. Itu puskesmas saja. Di rumah sakit mah banyak yang positif. Sekira 30 orang,” katanya.

Menurut dia, banyaknya nakes yang positif Covid-19 membuat pelayanan kesehatan terganggu. Sebab, para nakes yang posiif harus menjalani isolasi, sementara nakes yang masuk daftar kontak erat mesti karantina mandiri di rumahnya.

“Memang pelayanan terganggu. Pelayanan jadinya dibatasi,” paparnya. Ia mengatakan dalam sehari biasanya di salah satu puskesmas bisa melayani 50 pasien. Namun saat ini hanya bisa melayani sebanyak 20 pasien. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.