239 Perumahan di Kota Tasik Belum Serahkan Fasos Fasum

132
0
PERUMAHAN. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya, H Yono S Karso menjelaskan permasalahan Fasos Fasum perumahan, Jumat (21/6). REZZA RIZALDI / RADAR TASIKMALAYA.COM
Loading...

YUDANEGARA – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya, H Yono S Karso, mengakui masih banyak perumahan yang belum menyerahkan Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum).

“Dari 258 perumahan di Kota Tasik, yang sudah selesai proses adminitrasinya 19 perumahan, yang masih menunggu penandatanganan penyerahan 10 perumahan dan sisanya 239 perumahan belum menyerahkan,” katanya kepada Radar Tasikmalaya.com, Jumat (21/6).

Terang dia, penyerahan Fasos Fasum ini diterima tim yang dibentuk pihaknya. Yang terdiri dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sekretaris Perwaskim, Sekda, Camat, Lurah dan lain sebagainya.

Dia mengakui mengapa persentase yang belum menyerahkan masih tinggi karena beberapa faktor. “Salah satunya adalah pengembang perumahan tersebut sudah tidak ada. Seperti perumahan tertua di kita itu Perum Cisalak dibangun pada 1976. Itu pengembangnya sudah tidak ada,” terangnya.

Jadi, tambah dia, 239 perumahan yang belum menyerahkan Fasos Fasum ini dibangun saat Kota Tasik belum ada dan masih menyatu di Kabupaten Tasik. “Jadi salah satu faktornya itu, perumahan yang dibangunnya sudah lama dan tersebar di seluruh kecamatan,” tambahnya.

Walaupun demikian, dia mengaku telah menginstruksikan timnya di tahun ini minimal 50 perumahan telah tuntas menyerahkan Fasos Fasum. Kemudian masalah lainnya mengapa masih banyak karena belum tuntas pembangunan perumahannya.

“Ada juga masalahnya karena ada pemecahan wilayah administrasi dari kabupaten ke kota mungkin tidak tertib. Jadi pada kehilangan datanya. Seperti dokumen siteplan,” tukasnya. (rez)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.