250 Rumah Rusak Akibat Banjir di Garut Selatan Segera Diperbaiki

81
0
TINJAU. Bupati Garut H Rudy Gunawan dan Kepala BNPB Doni Munardo meninjau lokasi banjir bandang di Kecamatan Pameungpeuk beberapa hari lalu. Yana Taryana / Rakyat Garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten Garut akan segera memperbaiki 250 rumah warga yang teridentifikasi rusak akibat bencana banjir bandang dan longsor di wilayah selatan Garut.

“Ada 250 rumah korban bencana di selatan Garut yang akan kita bangun,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan, Kamis (22/10)

Baca juga : Atasi Penularan Covid-19, Satpol PP Garut Ingatkan 3M

Ia menuturkan, Pemkab Garut sudah mendapatkan laporan di lapangan terkait kerusakan rumah warga yang terdampak bencana banjir bandang di wilayah selatan Garut pada Senin (12/10).

Sebagian besar rumah korban, kata dia, akan direlokasi ke lokasi yang aman dari ancaman bencana banjir luapan sungai maupun bencana lainnya. “Yang akan kita bangun itu kebanyakan relokasi,” katanya.

Ia menyampaikan, Pemkab Garut bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah meninjau langsung rumah yang rusak, kemudian menyiapkan anggaran untuk perbaikan rumah sebesar Rp 40 miliar. “Anggarannya dari BNPB sekitar Rp 40 miliar,” terangnya.

Ia menambahkan, pemerintah tidak hanya menyiapkan bantuan perbaikan rumah, sejumlah bantuan lainnya telah dilakukan seperti menyediakan kebutuhan pangan bagi korban, dan membersihkan lingkungan daerah yang terdampak banjir.

Baca juga : Bupati Garut: Biaya Rawat 1 Pasien Corona Rp6 Juta/Hari

Selain itu, lanjut dia, bantuan lainnya dari berbagai instansi pemerintah provinsi, pusat maupun instansi swasta banyak yang menyalurkan bantuan untuk korban banjir di wilayah selatan Garut.

“Bantuan seperti telur, beras, minyak dan sebagainya didistribusikan ke daerah yang terdampak bencana,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.