265 Warga Kota Tasik Positif Corona, Saat Ini Pemkot Terus Tracing

1702
0
radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Tim Covid-19 Kota Tasik, terus melakukan penelusuran (Tracing) di lingkungan pesantren, setelah munculnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di dua pesantren, di Kecamatan Cihideung dan Kawalu.

Berdasarkan data terakhir, dari dua pesantren di Kota Tasikmalaya itu terdapat sekira 120 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, penelusuran kasus di dua lingkungan pesantren terus dilakukan. Sebab, santri yang berada di lingkungan pesantren berjumlah ribuan.

“Dari klaster pesantren itu masih terus dilakukan pengambilan sampel. Karena jumlah santrinya banyak, bisa ribuan,” katanya kepada wartawan, Kamis (08/10) malam.

Namun, terang dia, penelusuran di pesantren terakhir yang juga muncul kasus terkonfirmasi sedikit terkendala, lantaran pihak pesantren masih menutup diri.

Pihaknya saat ini baru melakukan swab test kepada sebagian santri di pesantren tersebut.

“Kita masih pendekatan untuk pemeriksaan lagi. Karena di pesantren ini butuh pendekatan dan perlu waktu,” terangnya.

Uus menambahkan, penanganan kasus Covid-19 di pesantren akan dilakukan dengan memulangkan santri yang telah dipastikan sehat.

Sementara itu santri yang positif Covid-19 tanpa gejala akan diisolasi di lingkungan pesantren dengan pengawasan tenaga kesehatan (Nakes).

Menurut dia, hingga saat ini belum ada lagi kasus terkonfirmasi dari klaster pesantren yang dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19.

Namun, sudah ada beberapa orang yang dipulangkan untuk isolasi mandiri, lantaran sudah melewati masa inkubasi dan kondisinya telah baik.

“Kita izinkan pulang karena tingkat penularan sudah kecil,” tambahnya.

Berdasarkan data pihaknya hingga Kamis malam, total kasus secara keseluruhan di Kota Tasik berjumlah 265 kasus.

Sebanyak 86 orang telah dinyatakan sembuh, 170 orang masih dalam perawatan, dan 9 orang meninggal dunia.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.