27 Hari Kampanye Habiskan Rp 34,5 M 

15

JAKARTA – Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali menyampaikan jumlah penerimaan dana kampanye Pilpres 2019 sebagai bentuk transparansi publik. Total dana kampanye yang terkumpul mencapai Rp 41,9 miliar.

“Jumlah penerimaan dana kampanye Prabowo-Sandi di posisi Rp 41,9 milliar. Dari segi rincian, paling besar tetap adalah Pak Sandi di angka Rp 28,5 milliar dalam bentuk uang.

Berikutnya adalah dari Pak Prabowo dan ini bisa dibagi dua, bentuk uang dan bentuk jasa,” kata Bendahara BPN Thomas Djiwandono di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (28/11).

Thomas menjelaskan dari total Rp 41,9 miliar yang diterima, pihaknya telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 34,5 miliar. Dana tersebut digunakan selama 27 hari berkampanye di bulan November. Dana tersebut digunakan untuk kunjungan ke 120 Kota dan Kabupaten, di 20 provinsi dengan total 762 aktivitas. “Secara rinci total pengeluaran Rp34.475.612.330,” jelasnnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mengatakan penyampaian penerimaan dana kampanye setiap bulan adalah sebagai bentuk komitmen transparansi anggaran kepada masyarakat. Sebab, penting bagi publik untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran dana kampanye pasangan capres-cawapres.

“Ini adalah komitmen kita dan transparensi adalah salah satu pilar terpenting dari Prabowo-Sandi. Tadi sudah dijelaskan jumlah dana masuk dan dana keluar secara terperinci sesuai dengan peraturan KPU dan tentangg pelaporan dari KPU,” urai Sandi.

Sandi menerangkan kegiatan kampanye dirinya dan Prabowo yang sudah dilakukan selama ini, hingga bisa menekan angka anggaran yang digunakan. Padahal, kegiatannya selama satu bulan ini berkeliling ke banyak kabupaten dan kota di Indonesia.

“Saya dan Pak Prabowo selama satu bulan terkahir ini kami menemukan beberapa inovasi dalam berkampanye, sehingga kami bisa menekan biaya kampanye seminim mungkin. Panggung salah satunya kita ganti dengan kardus dan jadinya kita tidak memerlukan panggung, dan kegiatan ke masyarakat ini murni juga banyak partisipasi dari masyarakat,” terangnya. (rts/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.