3.000 APK Caleg Di Singaparna Dinyatakan Melanggar

22

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Tim gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja, Bawaslu dan KPU Kabupaten Tasikmalaya menertibkan 150 alat peraga kampanye (APK) yang melanggar pemasangannya di Kecamatan Singaparna, Kamis (1/11).

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan penertiban ini dilakukan secara serentak di 39 kecamatan. Penertiban yang dilakukan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 23, 28 dan 33 Tahun 2018 tentang Kampanye. “Hari ini kita mengambil sampel di Kecamatan Singaparna, Alun-Alun Singaparna yang merupakan tempat publik.

Yang harus bersih dari alat peraga kampanye diantaranya sarana umum termasuk di tiang listrik, pohon, sarana pendidikan, ibadah dan lainnya,” tegas Dodi kepada wartawan kemarin.

Menurut Dodi, data yang berhasil dihimpun ada sekitar 3.000 APK lebih se-Kabupaten Tasikmalaya yang melanggar dalam pemasangannya. Alat peraga kampanye yang beredar saat ini buatan dari calon legislatif dan partai politik. Karena KPU belum mengeluarkan APK. “Waktu penertiban APK yang melanggar akan dilakukan selama masa kampanye,” bebernya.

Tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP menambahkan APK yang beredar saat ini banyak yang melanggar aturan dari sisi pemasangannya. “Makanya sekarang kita tertibkan dan mengimbau kepada partai politik serta caleg untuk memasang alat peraga kampanye sesuai dengan PKPU,” jelasnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Tasikmalaya H Imam Gozali menjelaskan APK yang ditertibkan akan diamankan di kantor Bawaslu. “Nanti apabila ada parpol atau caleg yang mengambilnya akan diserahkan dengan jaminan APK tidak rusak dan masih bisa dipasang di tempat yang tepat,” pungkasnya. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.