3 Akses Masuk Pasar Kota Banjar Dijaga Tim Covid-19

141
0
ARAHAN. Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 H Nana Suryana memberikan arahan kepada petugas gabungan sebelum melakukan edukasi dan penjagaan di tiga jalur masuk Pasar Banjar Kamis (23/4). Cecep herdi / radar tasikmalaya

BANJAR – Waki Ketua Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kota Banjar H Nana Suryana membentuk tim gabungan dari BPBD, Satpol PP, Dishub serta TNI dan Polri. Tim tersebut akan menjaga dan menyampaikan edukasi kepada masyarakat yang berkunjung ke pasar.

Para petugas ditempatkan di tiga titik pintu masuk ke area pasar. “Kita membentuk tiga tim untuk melakukan penjagaan dan edukasi kepada masyarakat atau siapa pun yang akan ke pasar agar mengenakan masker dan menjaga jarak atau pysical distancing,” kata Nana di Pendopo Kota Banjar Kamis (23/4).

Baca juga : Banyak Warga yang Belum Disiplin, Tim Gabungan Kota Banjar Lakukan Ini..

Ia menjelaskan petugas gabungan yang menjaga tiga jalur pintu masuk dan keluar Pasar Banjar itu akan menyuruh masyarakat yang masuk ke pasar mengenakan masker. “Jika tidak membawa, maka disuruh pulang dulu ke rumah dan wajib memakai masker. Kalau tidak punya, maka kita siapkan masker yang bisa dibeli langsung di lokasi penjagaan,” ungkap Nana.

Kenapa harus beli, kata dia, sebab selama ini bantuan dari pemerintah maupun dari para donatur sudah banyak yang diberikan kepada masyarakat. Kata dia, pembelian masker di lokasi untuk menerapkan pola disiplin masyarakat menggunakan masker supaya upaya memutus penyebaran wabah Covid-19 bisa berjalan cepat dan efektif.

“Petugas juga melakukan edukasi ini sedikit memaksa untuk mengenakan masker. Pembelian masker sendiri bukan untuk membuat polemik di masyarakat, namun untuk mendisiplinkan begitu pentingnya menggunakan masker. Disampingnitu kami juga sedang mengonsep pembagian masker gratis kepada masyarakat agar tepat sasaran,” kata Nana.

Loading...

Baca juga : Pasien Positif Covid-19 di Kota Banjar Bertambah 1 Wanita Usia 23 Tahun Warga..

Ia menambahkan pemkot juga menggandeng MUI Kota Banjar untuk melakukan sosialisasi maklumat social distancing selama bulan Ramadan ke masjid-masjid. “Ini penting karena tren positif Covid-19 di Banjar naik. Masyarakat jangan menganggap enteng. Targetnya kesadaran masyarakat harus meningkat dengan konsep humanis dari petugas gugus terdiri dari TNI Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD dan MUI,” tambahnya.

Kapusdalop Tim Gugus Covid-19 Ade Setiana mengatakan pelaksanaan penjagaan dan edukasi kepada masyarakat akan dievaluasi. Selain itu, pelaksanaan juga akan dilakukan secara bergantian oleh petugas. “Pasar Banjar tutup pukul 17.00. Nanti selama edukasi akan ada petugas yang bergantian shift,” ungkapnya. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.