3 Koperasi di Kabupaten Tasik yang Ajukan Pinjaman ke LPDB

85
0
radartasikmalaya.com
Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi UKM dan Tenaga kerja Kabupaten Tasikmalaya usai melakukan Pembinaan Anggota Koperasi Setia Kawan di Sodonghilir, belum lama ini. istimewa untuk radartasikmalaya.com

TASIK – Dari 485 Koperasi yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, terdapat 3 Koperasi yang telah mengajukan pinjaman ke Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB).

H Suryanto, Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Tasikmalaya mengungkapkan, ke 3 Koperasi itu adalah, Koperasi Setia Kawan dari Sodonghilir, Koperasi Komapta dari Bantarkalong, dan Koperasi KUD dari Cikalong.

“Mereka mengajukan pinjaman ke LPDB, pasalnya, fasilitas pinjaman dana bergulir ini bunganya cukup rendah. Fasilitas ini secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh para anggota koperasi,” ujarnya kepada Radar, Senin (16/11).

Kata dia, Kaitan dengan keinginan dari koperasi tersebut untuk peminjaman dari LPDB, pihaknya hanya menyarankan dan membantu.

Pasalnya, terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Diantaranya seperti salah satunya adalah koperasi dalam kondisi yang sehat.

Selain itu, yang mengajukan pinjaman harus melakukan Rapat Akhir Tahunan (RAT) anggota minimal 2 tahun.

Dan sekarang harus memiliki agunan, yang mana agunannya harus lebih tinggi dari nilai pinjaman.

“Koperasi itu sebetulnya bukan semata-mata mengutamakan keuntungan, melainkan bagaimana anggota menjalankan usahanya dengan mudah dan berkembang. Dengan membesarkan koperasi, memperkecil adanya rentenir yang sangat mencekik masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya, ujar dia, terus melakukan pembinaan berkaitan dengan akutansi dan juga melihat aset yang dimiliki koperasi tersebut serta kepengurusan.

Ada aturan juga, jika dalam satu kepengurusan ada keturuan sedarah maka itu tidak akan diakomodir.

“Kita juga melakukan penyuluhan ke koperasi. Ada beberapa warga yang membuat koperasi baru secara legal formal dan pembinaan melalui pelaksanaan RAT. Dan kita lakukan pembinaan kepada lembaga koperasi yang memohon pinjaman ke LPDB,” kata dia menambahkan.

(radika robi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.