3 Rumah Korban Retakan Tanah di Ciamis Dirobohkan

43
0
foto-foto: istimewa EVAKUASI. Masyarakat di Dusun Cilimus bergotong royong mengevakuasi rumah warga yang terkena dampak retakan tanah. Mereka menyelamatkan barang-barang dan material yang masih sangat layak, Minggu (24/1).
Loading...

CIAMIS – Tiga rumah yang terkena dampak bencana retakan tanah di Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis dirobohkan dan dievakuasi, Minggu (24/1).

Rumah tersebut yakni milik Uju Suherman, Asep Asikin dan Suherman. Evakuasi menyelamatkan material bangunan yang masih bisa digunakan dilakukan oleh 200 orang secara gotong royong.

Kepala Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis Ana Rusliana menjelaskan, rumah yang dirobohkan adalah tiga masuk kategori parah. Kemudian materialnya yang masih layak diselamatkan untuk digunakan dalam pembangunan nanti saat relokasi.

“Yang berhasil diselamatkan seperti genting, kayu dan lainnya. Total yang berhasil diselamatkan sebanyak tiga truk,” ujarnya, menjelaskan.

Baca juga : Warga Cilimus Ciamis Minta Segera Direlokasi

loading...

Kata dia, pembongkaran rumah ini dilakukan karena kondisinya sudah parah dan bisa membahayakan, mengingat rawan ambruk kapan saja. Selain pembongkaran, warga juga gotong royong melakukan penutupan lubang atau retakan-retakan tanah. Hal itu dilakukan untuk mencegah air masuk ke dalam tanah dengan cepat yang bisa menyebabkan retakan tanah semakin besar. “Ini sebagai bentuk antisipasi, warga takut terjadi longsor besar dampak dari pergerakan tanah,” ujarnya.

Dia mengaku bersyukur semua warganya kompak untuk membantu satu sama lain yang membutuhkan. “Saya ucapkan terima kasih sekali kepada semua warga yang bersedia gotong royong dalam membantu warga yang terdampak bencana. Mudah-mudahan kekompakan ini selalu terjaga sampai kapan pun,” ujarnya.

Uju Suherman, korban retakan tanah mengaku sudah tidak ingin menempati lagi rumahnya. Karena kondisinya rusak parah dan bisa mengancam keselamatannya jika masih ditempati.

“Sekarang saya menyelamatkan material rumah yang masih bisa digunakan, sehingga nanti ketika akan membangun lagi bisa digunakan kembali. Lumayan mengurangi biaya,” katanya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.