30 Guru Raih Satya Lencana di Kantor Kemendikbud Senayan Jakarta

10

JAKARTA – Sebanyak 30 guru dan tenaga pengajar mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pendidikan pada upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 di Kantor Kemendikbud Senayan Jakarta Senin (26/11).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen DTK) Kemendikbud Supriano mengatakan penghargaan yang diberikan pemerintah kepada tenaga guru tak lepas dari dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Mari kita berdoa, semoga martabat guru semakin dijunjung tinggi seiring dengan meningkatnya profesionalisme, yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan, dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulianya,” katanya.

Suriano menjelaskan penghargaan diberikan atas apresiasi pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 120/TK/Tahun 2018. Penghargaan diberikan kepada guru dari berbagai provinsi, termasuk Provinsi Jawa Barat.

Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini mengangkat tema Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21. Tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad 21 semakin berat. Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme, menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Supriano mengatakan, revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. ”Untuk itu, diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global,” tutur Supriano.

Ia menambahkan, meskipun teknologi informasi berkembang demikian cepat dan sumber-sumber belajar begitu mudah diperoleh, peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut. “Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik. Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian,” jelas Supriano. (rdi/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.