30 Mahasiswa Umtas Kota Tasik Diberi Keahlian Fiber Optik

188
0
PENJELASAN. Narasumber menjelaskan kepada mahasiswa Teknik Elektro tentang Teknik Pengukuran dan Sambungan Kabel Serat (Fiber) Optik di Laboratorium Teknik Elektro, Jumat (13/12).

TASIK – Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Kota Tasikmalaya (Umtas) mengadakan Workshop Teknik Pengukuran dan Sambungan Kabel Serat (Fiber) Optik di Laboratorium Teknik Elektro, Jumat (13/12).

Ketua Prodi Teknik Elektro Umtas, Yovi Manova MT mengatakan, 30 mahasiswa mengikuti workshop elektro.

Tujuannya, sambung Yovi, ingin meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan keahlian yang digunakan untuk menghadapi era digital saat ini.

“Berharap akan lebih baik mahasiswa Teknik Elektro dengan mengadakan bekal keahlian di bidang kabel serat optik dan cara penyambungannya,” kata dia kepada wartawan, Jumat (13/12).

Pelaksanaan kegiatan ini, lanjutnya, sesuai apa yang diharapkan oleh Nadiem Makarim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu dosen lebih inovatif untuk memajukan mahasiswanya.

“Jadi dengan memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk mengikuti workshop ini dapat meningkatkan kompetensi mereka di bidang kabel serat optik,” ujar dia.

Teknik Pengukuran dan Sambungan Kabel Serat (Fiber), kata dia, harus disampaikan sejak awal, karena peralatannya cukup mahal dan harus mempunyai keahlian khusus.

“Mengarahkan agar mahasiswa untuk berhati-hati ketika ada pemotongan kabel serat optik tersebut, ketika kurang presisi kita harus mengulang lagi dan penyambungan juga ada nilai rupiahnya sehingga harus kita kenalkan cara tepat dengan workshop ini, “ bebernya.

Wakil Rektor II Umtas Oni Sahroni MSi menjelaskan pelatihan tersebut, diharapkan ke depannya bisa menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Hal ini, sebagai bentuk kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu tentang tantangan yang serba digital saat ini, sehingga mampu melihat dan mengimplementasikan kebutuhan masyarakat.

Tambah Oni, termasuk kegiatan workshop tersebut sebagai wujud penerapan slogan Umtas yang memiliki slogan; cerdas, berkualitas, dari lokal untuk global.

“Maka diharapkan lulusan mahasiswa elektronik mendapatkan kesempatan berguna untuk masyarakat dan mampu menjawab slogan itu,” katanya.

Selain itu, ketika sudah lulus dan bekerja di perusahan layanan internet bisa menerapkan kesesuaian dengan etika keoptikan yang harus membenahi pemasangan kabel sehingga tidak merugikan orang lain.

Dekan Fakultas Teknik Umtas Drs Ir Waspada Kurniadi MSc menyatakan pelatihan yang berkaitan kabel optik ini sebagai pembekalan buat mahasiswa untuk menambah kompetensi mereka. Sehingga ketika lulus ada surat keterangan pendamping ijazah (SKPI).

“Ketika dipakai oleh perusahaan layanan internet lulusan bisa siap karena sudah mengetahui teknik pengukuran dan teknik penyambungan serat kabel optik tersebut dan tentu menciptakan lulusan menjungjung tinggi etika bermasyarakat,” ujarnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.