30 Miliar untuk Rehab Masjid Baiturrahman

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menyiapkan anggaran Rp 30 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk rehab dan penambahan fasilitas taman di Masjid Agung Baiturrahman Bojongkoneng Kecamatan Singaparna.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya menjelaskan rehab dilakukan karena ada beberapa bagian masjid yang mengalami kerusakan karena diguncang gempa pada 2017 lalu.

Kemudian ada penyempurnaan kawasan dengan penambahan taman atau ruang terbuka hijau untuk masyarakat.

“Dengan demikian Masjid Baiturrahman bisa menjadi yang terbaik di Priangan Timur. Apalagi posisinya berdampingan dengan Gedung Islamic Center,” ungkapnya kepada Radar kemarin (22/7).

DIREHAB. Masjid Agung Baiturrahman Bojongkoneng Singaparna akan direhab dengan anggaran Rp 30 miliar.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya Mamik M Fuadi ST MT menambahkan rincian untuk rehab masjid dialokasikan sebesar Rp 15 miliar. Kemudian penambahan fasilitas penunjang seperti taman dan gapura dianggarkan Rp 15 miliar jadi total yang disiapkan Rp 30 miliar. “Direncanakan Agustus tahun ini pembangunannya mulai dilaksanakan dengan target selesai Desember,” jelasnya.

Ada beberapa titik yang akan dilakukan rehab di masjid ini, diantaranya bagian-bagian yang retak karena gempa. Kemudian lebih menyempurnakan bangunan dan revitalisasi, mengingat sejak dibangun belum pernah mendapatkan penyegaran.

Sementara untuk taman masjid sebagai sarana untuk masyarakat dalam mendapatkan ruang terbuka hijau. Termasuk memperluas ruangan terbuka di sekitar masjid yang bisa digunakan sebagai salat Idul Fitri atau Idul Adha. (dik)

loading...