30 Rumah Korban Pergerakan Tanah di Gunungtanjung Diajukan Dapat Bantuan

21
0
foto-foto: istimewa EVAKUASI. Masyarakat di Dusun Cilimus bergotong royong mengevakuasi rumah warga yang terkena dampak retakan tanah. Mereka menyelamatkan barang-barang dan material yang masih sangat layak, Minggu (24/1).
Loading...

GUNUNGTANJUNG – Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUTRPP) Kabupaten Tasikmalaya mengecek lokasi pergerakan tanah yang terjadi di Desa Bojongsari Kecamatan Gunungtanjung.

Kasi Perencanaan Perumahan pada DPUTRPP Kabupaten Tasikmalaya Adi mengungkapkan, pihaknya baru merencanakan untuk memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak berat akibat dari pergerakan tanah.

“Yang rusak berat itu ada sebanyak 17 unit, untuk pengajuan bantuan rencana 30 unit terdampak. Sekarang kita baru survei aja dulu ke lokasi,” ujarnya kepada Radar, Rabu (10/2/2021).

Adi me­nye­butkan, untuk anggaran bantuan rumah itu rencana fokus ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tasikmalaya. Sebelum bantuan, diharapkan ada kejelasan apakah lokasi yang sekarang dinilai cukup aman atau tidak, sementara desa sudah mengajukan dan menyiapkan lokasi untuk relokasi.

Baca juga : Puluhan Rumah di Gunung Tanjung Kabupaten Tasik Terancam Pergerakan Tanah

loading...

Kata dia, untuk lokasi relokasi rencannya masih di desa tersebut. Namun, untuk keamanannya menunggu hasil kajian dari Badan Geologi guna memastikan kalau wilayah untuk relokasi terbilang aman dari bencana retakan atau pergeseran tanah.

“Setelah nanti kajian dari Badan Geologi keluar dan lokasi yang akan digunakan untuk relokasi dinyatakan aman, proses lanjutannya adalah menyiapkan proses relokasi, termasuk untuk bantuan yang akan diusulkan,” kata dia.

Lanjut dia, bantuan yang diberikan untuk korban bencana retakan tanah di Kecamatan Gunungtanjung ini belum dapat dipastikan dalam bentuk apa. Bisa saja berupa uang tunai atau bahan bangunan yang dapat digunakan pada saat pembangunan di area relokasi baru.

“Kami dari bidang perumahan akan mengusahakan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak pergerakan tanah sesuai dengan mekanisme yang ada. Mudah-mudahan secepatnya dapat terealisasi,” ucapnya. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.