Warga Cempakawarna Kota Tasik Sudah 30 Tahun Tinggal di Rumah 3×6 Meter

30

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIHIDEUNG – Empat keluarga di Kampung Cempakawarna RT/RW 05/03 Kelurahan Cilembang Kecamatan Cihideung tinggal empat di rumah mirip bedeng. Dengan penghasilan yang tidak menentu, hunian nyaman layaknya sebuah mimpi yang sulit mereka jangkau.

Empat rumah itu layaknya sebuah bangunan semi permanen yang diberi sekat. Hasilnya menjadi empat ruangan dengan ukuran masing-masing 6×3 meter. Ada 19 jiwa dari empat keluarga yang tinggal di rumah itu. Termasuk Ketua RT yakni Dadang (46).

Dadang menyebutkan ada juga tiga rumah lainnya dihuni oleh keluarga Aso (55), Eman (67) dan Maman (63). Mereka masih punya kekerabatan dan sudah lebih dari 30 tahun tinggal di tempat itu. “Sudah lama, Ya begini-begini saja,” ungkapnya kepada Radar, Jumat (2/11).

Rumah Dadang dihuni 8 jiwa, Maman 3 jiwa, Eman 4 jiwa dan Aso 4 jiwa, totalnya 19 jiwa. Di dalam rumahnya sendiri hanya ada satu ruangan plus kamar mandi. Dari mulai dapur, tempat cuci dan tempat kumpul hanya disekat oleh lemari.

Untuk tidur, masing-masing keluarga membuat sebuah ruangan khusus dari kayu dan papan di atap. Dingin dan atap bocor ketika hujan menjadi hal yang sudah biasa bagi mereka. “Kalau harus tidur di bahwa, tidak akan cukup tempatnya,” ujarnya.

Sebelumnya keempat kepala keluarga mencari nafkah dari mengayuh becak. Tapi saat ini hanya Dadang saja yang masih melakukannya. Sementara yang lainnya hanya serabutan. “Karena sudah pada tua, ada yang stroke ada yang hernia jadi tidak mungkin masih narik becak,” katanya.

Terparah adalah Aso. Pria yang menderita penyakit hernia ini sudah lama tidak mengayuh becak. Biaya sehari-harinya hanya mengandalkan pemberian dari saudara dan masyarakat sekitar. “Ya mau bagaimana lagi, saya tidak mungkin narik becak,” katanya.

Terlebih, Aso luput dari program bantuan pemerintah. Berbeda dengan Maman, Eman dan Dadang. Ketika sakit atau untuk pendidikan anaknya, dia harus bekerja sendiri. (rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.