300 Bukit Beralih Fungsi

230
0
Loading...

BUNGURSARI – Dulu, Kota Tasikmalaya disebut Kota 10.000 Bukit. Kini? Banyak bukit yang beralih fungsi. Sebanyak 300 bukit diantaranya habis. Bahkan 1000 hektare lebih tereksploitasi.

Ketua DPP Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia- Kawasan Laut Hutan dan Industri (LPLHI-KLHI) Mugni Anwari Titirloloby mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Bertepatan di Hari Bumi Internasional (Earth Day) 2018, Minggu (22/4), LPLHI-KLHI melakukan penanaman 1000 pohon Barringtonia bersama muspika dan beberapa komunitas di bekas galian pasir, Gunung Mareme, Jalan Mangin, Bungursari.

“Kami memilih daerah lokasi bekas penambangan pasir ini sebagai bentuk keprihatinan kita yang dulu identik Kota 10.000 Bukit ini, kini semakin menghilang dan pepohonan yang dulu rindang sudah habis,” terang Mugni Minggu pagi (22/4).

Pohon yang mereka tanam merupakan pohon yang daunnya tidak pernah gugur. Yang tak kalah penting, pohon Barringtonia cepat menghasilkan sumber resapan air. Sehingga manfaat dari penanaman itu akan dirasakan masyarakat Tasikmalaya dalam kurun waktu 10 tahun yang akan datang.

Loading...

Mugni menjelaskan untuk saat ini banyak lahan yang sudah beralih fungsi. Hampir 300 gunung dengan 150 sudah jadikan perumahan. Sedangkan yang tereksploitasi ada 1000 hektare lebih. “Itu juga sebagian dibangun. Separuh 100 hektare dibangun properti perumahan,” katanya. (mg2)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.