Beranda Rakyat Garut 300 Ribu DPT Tak Penuhi Syarat

300 Ribu DPT Tak Penuhi Syarat

55
0
BERBAGI

TAROGONG KALER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menemukan 300 ribu daftar pemilih tetap (DPT) tidak memenuhi syarat (TMS). Hal tersebut ditemukan saat KPU melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih.

“Memang ada sekitar 300 ribuan DPT yang tidak memenuhi syarat dari hasil Coklit ini,” ungkap Komisioner KPU Garut Divisi Perencanaan H Djudju Nuzuluddin kepada Rakyat Garut, Senin (12/3).

Menurut dia, DPT yang tidak memenuhi syarat itu disebabkan adanya data ganda, sudah meninggal dan pindah alamat. Sehingga ketika dicoklit ada pengurangan sampai 300 ribu daftar pemilih dari 1,8 juta.
Meski ada data pemilih yang tidak memenuhi syarat, Djudju yakin tidak akan ada pengurangan DPT pada Pilkada Garut 2018. Sebab, nantinya akan ada pengecekan ulang bersama Dinas Kependudukan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah pemilih baru dan yang tidak mempunyai e-KTP.

“Sekarang yang dicoklit ini sesuai dengan e-KTP. Jadi, kalau belum punya KTP atau kepindahannya tidak tercatat itu tidak bisa dicoklit,” terangnya.

Berkaca dari Pemilu 2014, lanjutnya, DPT di Kabupaten Garut mencapai 1,8 juta jiwa. Diperkirakan angka DPT tahun ini pun tidak akan berbeda jauh dari Pilkada lalu. “Kemungkinan bisa sama dengan DPT sebelumnya. Beda-beda sedikit lah,” katanya.

Lebih jelasnya, kata dia, tanggal 16 Maret 2018 akan dilaksanakan rapat pleno. “Jumlah sekarang ini hanya diraba-raba saja, yang lebih jelasnya nanti tanggal 16 Maret (setelah pleno),” terang dia. (yna)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.