312.959 Penduduk Ubah Dokumen

405
0
Hj Wini MSi
Loading...

TASIK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya mencatat dari total jumlah penduduk Kabupaten Tasikmalaya 1.713.677 tercatat Januari hingga Oktober 2017 ada 312.959 penduduk yang mengubah dokumen kependudukannya.
Kabid Pelayanan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya H Uu Saeful Uyun mengatakan data yang terhimpun di Disdukcapil dari mulai Januari-Oktober ada sebanyak 312.959 penduduk yang melakukan perubahan dokumen kependudukan.
Perubahannya, kata dia, seperti mengubah domisili atau asal tempat tinggal, nama, status dan agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta tanggal kelahiran pada akte kelahiran. “Kebanyakan yang mengubah domisili atau asal tempat tinggal,” terang Uu saat dihubungi Radar, kemarin (19/10).
Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Dra Hj Wini MSi menambahkan perubahan dokumen kependudukan mulai dari akte kelahiran, kartu keluarga dan KTP tidak dipungut biaya. “Alias gratis, kecuali yang terkena denda akibat keterlambatan waktu yang diberikan untuk membuat dokumen kependudukan, sesuai dengan undang-undang dan aturan,” jelasnya.
Wini mencontohkan untuk perubahan dokumen kependudukan seperti nama di KTP, KK dan Akte Kelahiran syaratnya harus memiliki surat keputusan dan mengikuti sidang di pengandilan tempat warga tersebut berdomisili. “Seperti kalau warga kabupaten di Pengadilan Negeri Kota Tasikmalaya. Setelah mendapat surat keputusan tinggal ditindaklanjuti Disdukcapil untuk mengubah data di sistem dokumen kependudukan online,” terangnya.
Adapun perubahan status agama, tambah dia, syaratnya harus ada surat pernyataan dari tokoh agama masing-masing. Seperti ada warga yang pindah agama dari Kristen ke Islam. “Itu harus ada surat pernyataan dari imam besar masjid atau tokoh agama setempat bahwa warga tersebut sudah membaca syahadat dan pindah agama menjadi Islam,” jelasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.