32 Makam Pahlawan Telah Dibongkar

15

PANGANDARAN – Proses pembongkaran 32 makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pangandaran dan Parigi berlangsung aman, jenazah yang dikuburkan di dua lokasi tersebut disemayamkan di Komplek Ma6rkas Koramil 1320 Pangandaran, sebelum dipindahkan hari ini.

Salah satu ahli waris jenazah R Surdi, Mimin (49) mengaku sudah ikhlas makam ayahanya di[indahkan ke TMP Cintakarya. ”Kalau dipindahkan ke tempat yang lebih baik, kami sangat mengikhlaskan,” ungkapnya kepada Radar saat ditemui di lokasi pembongkaran makam, Jumat (28/9).

Dari awal pihak keluarga tidak merasa keberatan dengan rencana pemindahan itu, asalkan Pemkab Pangandaran harus merawatnya baik-baik. ”Kami hanya menitipkan kepada pemerintah dan Pak Bupati untuk menjaga dan merawat makam ayah saya,” terangnya.
Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, letak TMP baru sangat dekat dengan lahan yang akan dijadikan komplek perkantoran. ”Jaraknya beberapa ratus meter saja, disana juga lahanya luas,” tuturnya.

Jeje menuturkan lahan TMP yang baru luasnya mencapai 1,5 hektare, nantinya akan diprioritaskan dalam perawatanya. ”Disana akan dijaga ketat tempatnya juga lebih refrenstatif,” terangnya.

Danramil 1320 Pangandaran Mayor Inf Ikeu Masrika mengatakan dari 23 makam yang dibongkar di Taman Makam Bahagia Pangandaran 14 diantaranya tidak diketahui namanya. ”Sembilan sudah diketahui dan keluaarga sudah menerima untuk dipindahkan,” paparnya.

Dalam prosesi pembongkaran tersebut ada beberapa makam yang tidak ditemukan jenazahnya, jejak seperti kain kafan ataupun tulang belulang juga tidak ditemukan. ”Kalau tidak ditemukan, tanahnya yang kita ambil,” ujarnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.