Kemenag Targetkan Kontingen Tasikmalaya Lolos ke Nasional

33 Siswa Berkompetisi di KSM Jabar

155
MELEPAS. Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya Dr H Hilmy Rivai MPd foto bersama siswa yang akan berkompetisi di KSM Provinsi Jawa Barat Selasa (13/8). Pihaknya menargetkan kontingen Kota Tasikmalaya bisa lolos ke tingkat nasional. Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya Dr H Hilmy Rivai MPd melepas 33 siswa madrasah untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Jawa Barat yang akan digelar di Kabupaten Cianjur pada Rabu-Kamis (14-15/8). Pelepasan dilakukan di Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya Selasa (13/8).

Kontingen dari Kota Tasikmalaya ini terdiri dari siswa madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA). Siswa yang terpilih merupakan peserta terbaik dari hasil uji pengetahuan menggunakan computer based test (CBT).

“Kami secara resmi melepas 33 siswa madrasah. Alhamdulillah pembinaan dan persiapan sudah dilakukan maksimal,” katanya.

Ia berharap kontingen Kota Tasikmalaya bisa menorehkan prestasi yang lebih baik. Minimal prestasi tahun kemarin yang telah didapatkan bisa kembali diraih oleh peserta KSM 2019 ini. “Harapannya bisa masuk ke tingkat nasional,” katanya.

Ia mengatakan, KSM merupakan sarana untuk mengukur kemampuan siswa dalam pencapaian setiap pembelajaran yang dilakukan di madrasah. “Mudah-mudahan prestasi madrasah di KSM bisa meningkat,” katanya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kementerian Agama Kota Tasikmalaya Drs H Dadang Toha Muslim MSi mengatakan agar bisa berprestasi di KSM Jawa Barat, maka masing-masing guru pendamping melakukan bimbingan secara maksimal kepada para peserta KSM.

Selain itu, para pendamping memberikan tugas tambahan untuk memberikan pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kepada siswa yang dibimbingnya. “Saya juga sudah menugaskan kepada kepala sekolah, agar guru pendamping KSM Kota Tasikmalaya sering melakukan try out tahun sebelumnya dari tingkat provinsi dan nasional sebagai bahan ajar,” katanya.

Dari persiapan yang matang ini, sambungnya, ia menargetkan 33 kontingen KSM Kota Tasikmalaya mampu lolos ke tingkat nasional. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, madrasah Kota Tasikmalaya selalu berkontribusi ke tingkat nasional,” katanya. Peserta berprestasi nantinya akan mendapatkan apresiasi dari Kemenag. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.