35 Orang dari Kelurahan, Desa dan OPD Diperiksa Kejaksaan Kota Banjar

2386
0
Jonathan Suranta Martua
Jonathan Suranta Martua

BANJAR – Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Kota Banjar Jonathan Suranta Martua mengatakan akan meminta keterangan terhadap 35 orang dari kelurahan, desa serta organisasi perangkat daerah (OPD). Mereka diperiksa terkait kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2019 di Semarang, Jawa Tengah.

“Prosesnya masih permintaan keterangan dari 35 orang tersebut untuk mencari bukti-bukti,” kata Jonathan, Senin (3/8).

Kegiatan Apeksi di Semarang pada tahun 2019 mencuat pascakegiatan tersebut tidak dianggarkan dari APDB Banjar. Untuk keperluan biaya operasional dan sebagainya, seluruh OPD hingga kelurahan dan desa patungan dan dikoordinir Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Banjar. Kejaksaan Negeri Banjar pun mulai mendalami soal kegiatan Apeksi tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar Gunadi mengatakan bukan soal pungutannya yang didalami, melainkan pertanggungjawaban penggunaan anggarannya.

“Kami konfirmasi soal pertanggungjawaban penggunaan anggarannya, bukan dari pungutannya,” kata Gunadi.

Baca juga : KPK Panggil Kabid Dinas PU Kota Banjar, Lalu Ajat Doglo

Loading...

Pada 2 hingga 5 Juli 2019, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Banjar diundang menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) di Kota Semarang Jawa Tengah. Bagi OPD yang akan menghadiri kegiatan tersebut harus mengeluarkan Rp 4,5 juta.

Biaya tersebut untuk akomodasi dan operasional selama perjalanan dan berada di lokasi kegiatan. Biaya itu di antaranya untuk kebutuhan perjalanan, hotel serta makan selama tiga hari pelaksanaan.

“Saat ini sedang dicocokkan pertang­gung­ja­wa­bannya, sesuai atau tidak. Kalau masalah pu­­­ngutan tidak ada masalah karena para OPD tidak ditanggung panitia. Jadi hotel dan ma­­kan makan dikoordinir Tapem,” katanya. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.