36 Dibubarkan, Tersisa 61 Koperasi

38
0

BANJAR – Akibat tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT), sebanyak 36 dari 97 koperasi di Kota Banjar dibubarkan. Izin legalitas koperasi yang dikantonginya pun otomatis tidak berlaku.

“Dulu ada seratus lebih jumlahnya koperasi yang beroperasi di Kota Banjar, sekarang tinggal sekitar 61 koperasi yang masih melakukan aktivitas dan ada RAT-nya. Sisanya dibubarkan karena tidak menggelar RAT lagi dan tidak ada aktivitas lagi,” kata Kepala Dinas KUKMP dan Industri Kota Banjar Saifudin Kamis (8/8).

Ia menjelaskan sudah menjadi aturannya jika koperasi tidak menggelar RAT maka akan dibekukan izinnya. Kemudian dengan jangka waktu tertentu masih tidak menggelar RAT, maka koperasi itu dibubarkan.

Berdasarkan pendataannya, seluruh koperasi yang tidak aktif berstatus legal atau telah berbadan hukum yang sah. Namun 36 koperasi itu sudah tidak aktif dan tidak ada aktivitas di kantornya.

Kemudian saat dicek anggotanya sudah tidak menggelar rapat anggota tahunan. “Dibubarkan atau dicabut izinnya itu oleh kementerian, kami daerah hanya mengusulkan,” katanya.

Pembubaran koperasi itu bertujuan untuk mempermudah proses monitoring, pengawasan dan pembinaan. Karena, kata dia, bila seluruh koperasi belum dibubarkan dikhawatirkan akan menjadi masalah kedepannya.

“Koperasi ada banyak hal yang positif, di antaranya meningkatkan ekonomi dan kebutuhan keluarga,” kata Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.