360 Siswa SMA Ikuti Tes Seleksi Paskibraka Kabupaten Tasik 2020

327
0
SELEKSI PASKIBRAKA. Sebanyak 360 siswa dan siswi SMA atau sederajat Se-Kabupaten Tasikmalaya mengikuti seleksi untuk Paskibraka Provinsi Jawa Barat Minggu (8/3). Seleksi dilaksanakan di kampus STIA YPPT Priatim Tasikmalaya.
SELEKSI PASKIBRAKA. Sebanyak 360 siswa dan siswi SMA atau sederajat Se-Kabupaten Tasikmalaya mengikuti seleksi untuk Paskibraka Provinsi Jawa Barat Minggu (8/3). Seleksi dilaksanakan di kampus STIA YPPT Priatim Tasikmalaya.

TASIK – Ratusan siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat di Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (8/3), mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Jawa Barat.

Seleksi dilaksanakan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) YPPT Priatim Tasikmalaya. Seleksi tersebut bukan hanya memilih perwakilan Paskibraka, namun menciptakan siswa untuk mendapatkan pendidikan karakter, seperti kedisiplinan, ketangguhan dan jiwa kepemimpinan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tasikmalaya Ir Sapari Agustin MP diwakili Kepala Bidang Kepemudaan Ir Heti Heryati MP mengatakan, Paskibraka sangat penting untuk menanamkan karakter pendidikan kepada peserta didik. Itu agar pelajar mampu berjiwa besar, memiliki korsa dan menjunjung nasionalisme.

“Jadi kita berusaha menanamkan jiwa korsa dan bela negara, karena bekal untuk melanjutkan perjuangan kepemimpinan kita. Kalau tidak dari adek-adek sekarang siapa lagi,” katanya kepada Radar, Minggu (8/3).

Baca Juga : Siswa SD-SMP se-kota Tasik Siap Berkompetisi di O2SN

Ia menegaskan, keberadaan siswa di Paskibraka sangatlah penting. Karena, minat dan bakat siswa terwadahi dan Paskibraka sebagai tempat untuk monerahkan prestasi di bidang non-akademis.

Para siswa tersebut, bisa berprestasi dengan mengikuti seleksi untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Kita sedang berlangsung melaksanakan seleksi dari sekarang (Minggu, Red) untuk siswa terpilih nantinya diajukan ke provinsi pada minggu kedua, April mendatang,” kata dia.

Dia berharap peserta seleksi 2020 dapat mengulang prestasi 1996. Saat itu ada wakil dari Tasikmalaya yang masuk ke tingkat nasional.

“Ya mudah-mudahan ada terseleksi ke nasional untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat nasional dari siswa yang mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Tasikmalaya M Fahri Fauzi menyebutkan sejumlah 360 siswa dari 30 SMK/SMA/MA Se-kabupaten Tasikmalaya mengikuti seleksi Paskibraka Kabupaten Tasikmalaya.

Penilaiannya ada parade seputar cek fisik, tinggi badan dan berat badan (proposional tubuh), cek kesehatan, psikotes, kemampuan baris berbaris dan pengetahuan umum, seleksi Kesamaptaan (jasmani).

Ada tiga tahap seleksi yaitu dari tahap pertama Minggu (8/3) melihat tes postur badan dengan melihat tinggi dan berat badan yang ideal. Tahap kedua Minggu (15/3 dengan tes fisik dan kesehatan, serta seleksi kesamaptaan (jasmani). Tahap terakhir Minggu (22/3) yaitu pemantauan akhir (pantukhir) dari pengetahuan umum, tes psikotes dan tes kesenian.

“Tahap pertama kita memilih 50 orang laki-laki dan 50 perempuan. Selanjutnya tahap kedua memilih 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan dan tahap ketiga, memilih 2 orang laki-laki dan 2 perempuan,” katanya.

Baca Juga : Dede Maulana, Siswa SDN Situgede Karangnunggal Tasik Juara 1 Menggambar Foto Bupati

Setelah terpilih sebagai anggota Paskibraka untuk 2020, pihaknya akan selalu membina kader PPI dan mempersiapkan seleksi di provinsi ataupun nasional.

“Mudah-mudahan dengan rencana itu (mampu masuk nasional, Red) bisa tercapaia dengan melakukan pembinaan semaksimal mungkin dari kami,” ujarnya.

Kepala Seksi Pembinaan Kelembagaan Pemuda Dispora Kabupaten Tasikmalaya Dede Hasan berharap semua siswa dapat mengikuti seleksi tersebut secara maksimal. Karena manfaat Paskibraka mampu melatih perkembangan kemandirian dan kedisiplinan secara optimal.

“Semua yang mengikuti seleksi berharapan bisa menyerap materi sebaik-baiknya sehingga kemampuan pengembangan dirinya sendiri,” kata dia. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.