375 Santri & Ustadz Ponpes di Cipedes Kota Tasik Positif Covid-19, Diisolasi di Sini..

12792
0
Puluhan ambulans Dinkes Kota Tasik yang mengangkut ratusan santri dan pengajar ponpes di Kecamatan Cipedes, Senin (15/02) sore. rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com
Loading...

KOTA TASIK – Pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya kini kembali meningkat. Senin (15/02) siang, puluhan ambulans Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskemas hilir-mudik mengevakuasi santri Pondok Pesantren (Ponpes) di Kecamatan Cipedes.

Totalnya, sebanyak 375 santri dan pengajar di pontren itu terkonfirmasi positif Covid-19, berdasarkan hasil tes PCR.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasik, Muhammad Yusuf mengatakan, proses evakuasi hingga kini sedang berjalan dari lokasi Pontren ke Hotel Crown dan Rumah Sakit Dewi Sartika.

“Nah, sisanya kita tempatkan dengan karantina mandiri dan mikro, sesuai PPKM sekarang. Jadi akan kita lockdwon pesantren itu agar tak ada yang keluar masuk,” ungkapnya kepada radartasikmalaya.com.

“Kewajiban pemerintah saat ini memberikan semua kebutuhan-kebutuhan selama mereka di karantina mikro. Total sudah 800 lebih yang ditracking dari 300-an yang positif,” sambungnya.

loading...

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes, Asep Hendra Hendriana menuturkan, dari 832 sampel yang diperiksa di laboratorium kesehatan daerah (labkesda), hasilnya 45% sampel atau 375 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Ada 375 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. 152 santriwan, 171 santriwati, 32 ustaz, dan 20 ustazah,” tuturnya.

Tambah dia, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk memilah santri mana saja yang bisa diisolasi di pesantren dan yang harus diisolasi di tempat isolasi tersentralistik.

“Nanti akan dilakukan isolasi tersentralistik di Hotel Crown dan Rumah Sakit Dewi Sartika,” tambahnya.

Ia menandaskan, untuk santriwati akan difokuskan diisolasi di Hotel Crown dan santri pria di Rumah Sakit Dewi Sartika di Kawalu.

“Hari ini dilakukan penjemputan dari pesantren ke tempat isolasi tersentralistik. Ada 96 santriwati dan 50 santri pria yang akan dijemput untuk menjalani isolasi di Crown dan Dewi Sartika,” tandasnya.

Namun, tukas dia, ada juga yang dirawat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo Kota Tasik sebanyak 15 orang.

“Yang akan dirawat di rumah sakit itu guru atau ustaz yang usianya di atas 50 tahun dan memiliki komorbid dan santri yang memang bergejala sesak atau demam,” tukasnya.

Berikut videonya saat evakuasi dengan puluhan ambulan:

(rezza rizaldi)

BERITA TERKAIT
Ponpes di Cipedes Kota Tasik Dilockdown, 375 Santri & Ustadz Positif Covid-19

Ponpes di Cipedes Kota Tasik Dilockdown, 375 Santri & Ustadz Positif Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.