Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.4%

8.1%

67.3%

379 Jamaah Haji Pangandaran Tunggu Kepastian Jadi atau Tidak

87
0

PANGANDARAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran masih menunggu kepastian penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H/ 2020 M dari Pemerintah Arab Saudi. Penundaan haji tersebut karena semua dunia masih melawan pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran H Cece Hidayat mengatakan, berdasarkan informasi dari hasil rapat kerja Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi dengan Komisi VIII DPR RI, perlunya diputuskan batas akhir waktu menunggu ada atau tidaknya keputusan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Perlunya kepastian keputusan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap jemaah haji Indonesia.

“Memang hari ini belum ada kejelasan, karena sedang menunggu Arab Saudi. Namun hasil rapat Kemenag dengan Komisi VIII DPR RI menunggu sampai 20 Mei,” katanya kepada Radar, Rabu (13/5).

Namun, sambung Cece, Kemenag telah menyiapkan dua skema, mengantisipasi keputusan pemerintah Arab Saudi nanti. Pertama adalah skema pelaksanaan ibadah haji dengan pembatasan kuota.

Baca Juga : Selesai Isolasi Covid-19, 39 Pemudik Warga Pangandaran Terima Sertifikat

Sebab pada pandemi Covid-19 jemaah haji yang rentan menyerangnya paling banyak lanjutnya usia.“Sehingga kebijakan dari pusat akan mengalami perubahan untuk jemaah haji. Yang pasti saat pandemi Covid-19 pemerintah memikirkan tingkat kesehatan jemaah. Salah satunya usia akan dibatasi,” ujarnya.

“Kemudian, karena penerapan physical distancing saat pandemi Covid-19, jumlah jemaah haji mungkin akan lebih sedikit, karena untuk antisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya, menambahkan.

Selanjutnya, kata dia, skema lainnya apabila ibadah haji tidak ada, berarti pemerintah harus memberikan jaminan kesehatan kepada jemaah haji. Karena kondisi pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan diberangkatkan.

“Ketika jemaah kecewa tidak ada haji pada 1441 H berarti pemerintah sedang mengutamakan keselamatan dan kesehatan jemaah haji,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.