38 Ruas Jalan Kota Tasik Ditutup, Pedagang Minta Solusi

228
0
Loading...

Penutupan 38 ruas jalan merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 di Kota Tasikmalaya. Sebagaimana diketahui setiap tahun momen pergantian tahun kerap memicu kerumunan warga khususnya di pusat kota.

Hal ini dikeluhkan para pedagang yang membuka lapak jualan di sekitar pusat Kota Tasikmalaya. Pasalnya, momen pergantian tahun baru sendiri kerap dijadikan ajang panen para pedagang.

Koordinator Pedagang Kaki Lima (PKL), Taman Kota Hendra Rosidin mengatakan malam pergantian tahun adalah momen pedagang mencari penghasilan lebih. Penutupan tersebut, tentu memberikan rasa kecewa kepada pedagang.

“Ini jadi harapan para pedagang, tapi ternyata pusat kotanya ditutup,” katanya.

Baca juga : 16 Ibu Hamil Warga Kota Tasik Positif Covid-19, yang Baru Melahirkan Bayinya Langsung Dipisah

Loading...

Pihaknya pun tidak bisa berbuat apa-apa menyikapi kebijakan ini. Namun, dia berharap ada solusi agar pedagang kecil bisa tetap berpenghasilan. “Bukannya kami tidak paham dengan pandemi ini, tapi harus ada solusi juga untuk kami,” terangnya.

Sementara itu, pedagang kopi di Jalan Pemuda Yudi Mulyana mengatakan penutupan akses ke pusat kota tentu bisa menurunkan pendapatan.

Padahal, dia berharap bisa meraup untung lebih di momen tersebut. “Ya tentu malam tahun baru jadi harapan kami mencari rezeki lebih, kalau begini bukannya untung tapi buntung,” tuturnya.

Menurut dia, pemerintah seharusnya lebih menekankan pada pembatasan orang di setiap tempat, termasuk di tempat pedagang. Supaya aktivitas ekonomi bisa tetap berjalan. “Batasi saja jumlah pengunjungnya, dan kita pun siap melayani take away,” ujarnya.

Yudi menilai kebijakan ini pun tidak akan begitu efektif mencegah kerumunan. Karena yang ditutup hanya akses ke kawasan pusat kota. “Memangnya pemerintah bisa menjamin tidak akan ada kerumunan di lokasi lain,” pungkasnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.