4 Siswa MAN 4 Tasikmalaya Ikuti Lomba Karya Ilmiyah Tingkat Nasional

325
1

CIKALONG – Empat Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Kabupaten Tasikmalaya membuat Karya Tulis Ilmiah yang diajukan untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA/MA/SMK se-Indonesia, yaitu Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES) 2020.

Dalam karya ilmiyahnya, salah satu siswa, Alvina Damayanti mengatakan bahwa buah Manggis, terutama kulitnya memiliki banyak manfaat.

Bahkan, dapat dijadikan bahan makanan. Diantaranya bahan untuk pembuatan keripik dan kerupuk.

“Percobaan ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah dari buah manggis yang terbuang sia-sia. Padahal justru kulit manggisnyalah yang kaya akan manfaatnya. Kulit manggis dijadikan obat herbal dengan beberapa langkah,” ujarnya kepada Radar, Minggu (4/10).

Kata dia, diantaranya kulit manggis diiris dan direndam dengan air garam, dijemur dibawah sinar ultraviolet, ditumbuk menjadi serbuk kulit manggis, dicampur dengan ketan beras, lalu dicampur dengan bahan penyedap.

Serbuk kulit manggisnya dapat diolah sebagai makanan sehat, kaya manfaat. Salah satunya untuk meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi saat ini.

Sementara itu, Kepala MAN 4 Tasikmalaya H Asep Supyedi Heri, M.Pd mengatakan, pihaknya sangat mendukung anak didiknya mendaftarkan diri sebagai peserta untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA/MA/SMK se-Indonesia.

“Tentunya saya merasa bangga, ada siswa atau anak didik saya dari MAN 4 ini yang mengikuti lomba. Mereka terlihat sangat memiliki keinginan yang sangat tinggi,” ungkapnya.

Kata dia, meskipun MAN 4 Tasikmalaya berada jauh dari pusat kota, yaitu perbatasan dengan Kabupaten Pangandaran akan tetapi memiliki semangat yang tinggi.

Tidak ada alasan, tidak dapat bersaing dengan Madrasah atau bahkan sekolah umum lainya.

“Potensi siswa semua sama, terlebih di MAN 4 memiliki banyak guru-guru lulusan S2 dan sangat bersyukur tahun ini MAN 4 berhasil melakukan penelitian dari bahan kulit manggis menjadi minuman rasa Ori, Susu, Moka. Selain itu dibuat masker kulit wajah dan varian Opak,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya H Surya Mulyana, M.Ag menyambut baik atas siswa MAN 4 Tasikmalaya mendaftarkan sebagai peserta.

Pihaknya mengaku bangga, pasalnya kegiatan ini untuk menumbuhkan budaya di kalangan siswa madrasah dan juga dalam mengembangkan potensi intelektual siswa madrasah.

“Saya apresiasi dan bangga Siswa MAN 4 Tasikmalaya mengikuti lomba tingkat Nasional tersebut,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, sangat penting untuk menumbuhkan budaya meneliti di kalangan siswa madrasah.

Selain itu, MYRES juga bertujuan mengembangkan potensi intelektual siswa madrasah, sekaligus mendorong pencapaian hasil penelitian mereka yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.

(radika robi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Ade Ms, di Kampung Wisata Ciakar menyampaikan Selamat dan sukses untuk Siswa MAN 4 termasuk praktisi Pendidikan di Kota Tasikmalaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.