4 Warga dari Selaawi, Tarogong Kaler, Cibalong & Cikajang Garut Positif Corona

2218
0

GARUT KOTA – Setelah dua orang yang dinyatakan positif corona dan kondisinya membaik, empat orang dalam pemantauan (ODP) usai uji cepat atau rapid test dinyatakan positif terpapar virus corona.

Meski begitu, empat orang tersebut saat ini belum dimasukan dalam data kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Garut.

“Kami belum masukan karena hasil rapid test ini sifatnya belum bisa dipastikan 100 persen konfirmasi positif Covid-19,p mengingat tingkat akurasinya berkisar 70-80 persen,” ujar Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizki Darajat, kepada wartawan, Kamis (9/4).

Baca juga : Raja Kandang Wesi Garut Ngaku Punya Obat Corona, 2 Hari Sembuh

Ricky memerangkan, pelaksanaan rapid test terhadap ODP ini sudah dilakukan kepada 670 orang dari total 1.240 orang. Dari total yang sudah di tes tersebut, ditemukan empat ini.

Empat ODP yang dinyatakan positif dalam rapid test ini, satu laki-laki di Kecamatan Selaawi, satu perempuan di Tarogong Kaler, satu perempuan di Cibalong, dan seorang laki-laki di Cikajang.

Meski hasil rapid test ini positif, kata dia, pihaknya akan melakukan test lanjutan terhadap ODP ini. Yakni pemeriksaan swab untuk kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium di Bandung.

“Pemeriksaan ini memerlukan waktu sekitar tujuh hari untuk menentukan kepastiannya,” katanya.

Meski baru diketahui positif dari rapid test, lanjut dia, pihaknya tetap mengambil langkah dan strategi terhadap empat ODP ini.

Salah satunya dengan melakukan pengawasan ketat dengan isolasi di rumah sakit atau isolasi mandiri di rumahnya.

“Kami pantau terus terutama dalam membatasi aktifitas kesehariannya. Kita juga akan perhatikan fasilitas kesehatannya,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga melakukan tracking pada kontak erat dengan ODP tersebut.

Hasilnya ada 26 warga masuk dalam orang tanpa gejala (OTG). Yakni orang yang memiliki riwayat kontak dengan empat orang positif tersebut.

“Setelah dilakukan rapid test, hasilnya menunjukkan semuanya negatif,” katanya.

(yana taryana)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.