40.000 Pemudik dari Zona Merah Masuk Kabupaten Tasik & Jadi OTG, Ini Penjelasan Tim Covid-19

3189
0

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mencatat sebanyak 40.000 warganya baru pulang dari daerah yang masuk zona merah penyebaran virus corona. Dengan demikian, mereka langsung ditetapkan sebagai orang tanpa gejala (OTG) dan diminta isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya.

Selama isolasi, warga berstatus OTG diawasi dan dipantau oleh petugas medis puskesmas di kecamatan dan desa masing-masing dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah pusat.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Muksin SH MH menjelaskan, dari hasil rapat koordinasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya tercatat ada 40 ribu pemudik atau warga kabupaten yang baru pulang dari daerah zona merah.

Baca juga : Belajar di Rumah bagi Pelajar Kota Tasik Diperpanjang

“Kebanyakan mereka baru pulang dari daerah terpapar Covid-19 seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, Bogor dan lainnya. Tapi pemudik ini, tidak serta merta masuk ODP, karena kebanyakan dari mereka datang dengan tanpa gejala dari wabah Covid-19,” ujarnya kepada Radar, Rabu (15/4).

“Mereka semua sehat, dengan catatan wajib isolasi mandiri di rumahnya masing-masing sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah pusat,” ujarnya, menambahkan.

Loading...

Kata dia, selama dalam isolasi ada warga yang mulai merasakan batuk, pilek dan sesak napas diminta segera laporkan untuk ditindaklanjuti oleh petugas Sigesit 119 yang kemudian ditangani oleh RSUD SMC atas rujukan puskesmas.

“Kami minta kepada warga yang sudah pulang dari luar daerah untuk melaksanakan kewajibannya isolasi mandiri di rumah dan tidak bergaul dengan masyarakat sekitar, tetap melaksanakan protokol kesehatan, demi kemaslahatan semua,” katanya.

Terpisah, Anggota Tim Perencana Data, Pakar dan Analisis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya Kurnia menambahkan, dari keseluruhan warga yang mudik dari luar daerah sebanyak 90 persen pulang dari daerah zona merah terpapar virus corona.

“Namun, secara keseluruhan pada umumnya sehat tidak mengalami gejala seperti batuk atau pilek serta sesak napas. Datanya juga tidak semuanya masuk ODP, karena tidak ada gejala,” ungkap dia.

Baca juga : 507 OTG dari Zona Merah Masuk ke Tanjungjaya Tasik

Kurnia menambahkan, untuk data kasus Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya hingga Rabu (15/4) jumlah ODP 1.211 dengan rincian 943 selesai pemantauan dan 268 masih dalam pemantauan. Pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 22 orang dengan rincian 18 selesai pengawasan dan empat masih dalam proses pengawasan.

“Untuk yang positif Covid-19 terkonfirmasi nol, sementara untuk negatif Covid-19 terkonfirmasi berjumlah 15 orang. Rinciannya satu dalam perawatan, sembuh 10 dan meninggal empat orang,” tambah dia. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.