40 Anggota Paskibraka Ikuti Pemusatan Latihan

83

CIAMIS – Sebanyak 40 siswa dan siswi mengikuti Pemusatan Latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Ciamis Tahun 2018 Kabupaten Ciamis.

Latihan dan pe­musatan pendidikan dilaksanakan di aula salah satu hotel di Ciamis Kamis (9/8).

Ketua Purna Paskibraka Kabupaten Ciamis Hari Kurnia mengatakan anggota paskibraka tahun 2018 ini akan mengikuti pelatihan dan pendidikan.

Nanti, mereka akan bertugas pada upacara pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka tingkat Kabupaten Ciamis pada 17 Agustus 2018.

“Semua peserta nantinya akan mendapatkan materi pembinaan dari tim pelatih. Yang pasti, pembinaan fisik, mental dan kedisiplinan,” ujarnya kepada Radar Kamis (9/8).

Para peserta, kata dia, akan dilatih setiap hari. Mulai pukul 08.00 pagi sampai jam 05.00. “Yang mana setiap hari diselang dengan audiensi,” ujarnya. Peserta akan audiensi ke Kodim 0613/Ciamis, Diskominfo, Dinas Pariwisata dan ke TIC.

Empat puluh paskibraka yang mengikuti pelatihan kali ini, kata dia, merupakan hasil seleksi. Sebelumnya, ada 1.000 peserta seleksi Paskibraka 2018 di Ciamis.

Kemudian dilakukan seleksi lagi menjadi 502 orang. Kemudian dipilih sampai 40 orang dan satu orang terpilih ke Provinsi Jawa Barat untuk mewakili Kabupaten Ciamis.

“Antusiasnya cukup lumayan. Para peserta saling menunjukkan yang terbaik selama seleksi. Namun yang dipilih hanya 40 orang,” ungkapnya.

Sebelumnya, kata dia, seleksi dilakukan di Islamic Center Kabupaten Ciamis sejak tanggal 15 April 2018. Mereka merupakan siswa dari SMK, SMA dan MA yang totalnya dari sebanyak 28 sekolah.

Adapun kriteria penilaiannya yaitu postur tubuh. Untuk putra tingginya 165 cm dan untuk putri 155 cm.

Selain itu dinilai dari gestur tubuh, mulai pundak, kepala, kaki, kemudian dari IQ-nya.

“Kita juga adakan tes tulis. Tes jasmani. Tes Peraturan Baris Berbaris (PBB). Pengetahuan umum, kesenian serta wawancara,” paparnya.

Salah satu siswa kelas XI MAN 2 Ciamis Wildan Maldani Rahman mengaku telah melakukan persiapan latihan fisik dan mental menjelang HUT RI 2018 pada 17 Agustus nanti.

Sebelumnya terdapat 5 siswa dari MAN 2 yang mendaftar mengikuti seleksi. Namun hanya dirinya yang lolos seleksi tersebut.

“Saya bangga sekaligus sedih, hanya saya yang lolos sedangkan 4 teman saya tidak lolos,” ungkapnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.