40 Ribu Rumah di Ciamis tak Layak Huni

34
0

CIAMIS – Persoalan kemiskinan masih menjadi pekerjaan rumah di setiap daerah, termasuk Kabupaten Ciamis. Dinas Perumahan Rakyat Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DPRKLH) Kabupaten Ciamis mencatat ada sekitar 40 ribu rumah yang masuk kategori tidak layak huni.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Ciamis akan memperbaiki rumah tak layak huni sebanyak 1.401. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perumahan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DPRKLH) Kabupaten Ciamis Aries Taufik ST kepada Radar, Minggu (13/9).

Baca juga : Saresehan FKS Pamokolan Ciamis, Jaga Kebersamaan Hindari Konflik Sosial

Lanjut dia, untuk puluhan ribu rumah yang tidak layak huni hampir tersebar di setiap kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya. “Itu itu memang data lama, namun setiap tahun terdapat peningkatan kualitas rumah, jika satu tahun rata-rata 1.000 rumah pasti akan berkurang nantinya,” jelasnya.

Kata dia, alokasi anggaran setiap tahun untuk perbaikan rumah berasal dari dana alokasi khusus (DAK), bantuan provinsi. Bahkan saat ini terdapat program dari berbagai instansi seperti BAZNAS dan Dinas Sosial, sehingga kriteria tidak layak huni menjadi berkurang.

“Kemudian kami juga melakukan upaya kolaborasi dengan para agnia, desa serta seluruh komponen dengan membentuk Komunitas Pemerhati Rumah Tidak Layak Huni. Di mana kriteria tersebut saat ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, yaitu tentang kriteria yang sebenarnya,” ujarnya.

Loading...

Baca juga : Sejak Mei 2020, 7 Nakes Ciamis Positif Covid-19

Kata Aries, sebagai bekal pada saat akan membangun atau membeli rumah bukan hanya berdasar pada kemegahan penampilan saja yang masuk kriteria layak huni, tetapi terdapat hal lain yang harus diperhatikan. Di antaranya kekuatan rumah meliputi konstruksi rumah yang berkualitas minimal memenuhi standar keamanan serta atap tidak mudah bocor dan dinding kuat.

“Kita ketahui dari beberapa poin tersebut harus menjadi landasan ketika akan membeli atau membangun rumah, seluruhnya harus terpenuhi dengan baik dan layak,”  jelasnya.(isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.