Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.3%

7.1%

70.5%

400 ASN Garut Jadi Sukarelawan Disiplin Protokol Kesehatan

25
0
RAZIA MASKER. Bupati Garut H Rudy Gunawan bersama Satpol PP, Polri dan TNI mengadakan pemeriksaan penerapan protokol kesehatan di wilayah Pengkolan Kecamatan Garut Kota, Selasa (15/9). Bupati membentuk sukarelawan dari ASN. Yana taryana / rakyat garut

BUPATI Garut Rudy Gunawan membentuk 400 ASN sukarelawan Gugus Tugas Covid-19 yang bertugas melaksanakan disiplin protokol kesehatan.

Mereka, perwakilan dari masing-masing dinas dan badan yang secara bergantian akan bertugas ke daerah-daerah yang diketahui ada warga terpapar positif Covid-19.

“Kami mewajibkan minimal 10 dari masing-masing SKPD untuk menjadi sukarelawan, karena yang akan kita sasar sekarang ini adalah disiplin protokol kesehatan sesuai Perbub Nomor 47 Tahun 2020,” kata Rudy saat melaksanakan razia masker di wilayah perkotaan Garut, Selasa (15/9).

Baca juga : Kasus Corona di Garut Naik 4X Lipat, Muncul Klaster Keluarga

Relawan itu nantinya bisa melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Garut dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Semua relawan ini nantinya ditugaskan untuk mengimbau dan mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya
Rudy menerangkan langkah itu dilakukan karena penyebaran Covid-19 di wilayahnya terus mengalami peningkatan signifikan.

“Kita juga sekarang gencar melakukan razia dan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker,” katanya.

Humas Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Garut Yeni Yunita mengatakan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan itu upaya pemerintah mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Razianya serentak di perkotaan Garut, ada juga di beberapa kecamatan,” terangnya.

Razia disiplin pakai masker itu melibatkan unsur Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Polisi, TNI dan sejumlah instansi lainnya.

Pemkab Garut juga melibatkan sukarelawan dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Garut untuk bergerak membantu tim gugus tugas dalam mengingatkan masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan wabah Covid-19.

Baca juga : Ruang Isolasi Corona di RSUD dr Slamet Garut Hampir Penuh

Seorang warga Garut Irwan mendukung adanya razia untuk menegakan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Ia berharap, adanya petugas yang rutin melakukan razia ke jalanan bisa menyadarkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. “Tentunya saya mendukung adanya tindakan tegas pemerintah untuk menertibkan warga yang tidak pakai masker,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.