442 Warga Pangandaran Memilih di Luar Daerah

58
0

PANGANDARAN – KPU Kabupaten Pangandaran menggelar rapat pleno Data Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) ini merupakan tahap lanjutan dari Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap ke-2.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mengatakan DPTb merupakan pemilih yang kemungkinan akan menyoblos di luar daerah, pada tanggal 17 April nanti.

”Ada sembilan alasan seseorang tidak memilih di TPS-nya sendiri diantaranya karena alasan kerja, pindah domisili, tahanan, sedang kuliah, tugas negara dan lain-lain. Kita lakukan rekap mana saja yang masuk DPTb masuk dan keluar,” ungkapnya kepada Radar Minggu (17/1).

Untuk jumlah pemilih yang masuk pada DPTb sebanyak 677 orang terdiri dari laki-laki sebanyak 330 orang dan perempuan sebanyak 347 orang. Sementara untuk pemilih luar daerah sebanyak 442 orang terdiri dari 201 laki-laki dan 241 perempuan. ”Jumlah tersebut tersebar di 10 kecamattan, 93 desa dan 1.350 TPS,” terangnya.

Mereka yang akan keluar lintas provinsi, kata dia, hanya akan diberi surat suara pilpres. Sementara yang akan keluar dapil tingkat kabupaten atau kota tidak akan mendapatkan surat suara DPRD dan akan mendapatkan empat jenis surat suara yakni DPRD Provinsi, DPR RI ,DPD RI dan Pilpres.

”Untuk perlakuannya berbeda-beda, jika keluar dapil tingkat kabupaten/ kota dan masih di provinsi Jawa Barat, mereka akan mendapat surat suara DPD dan pilpres, jika keluar daerah namun masih dalam lingkup Jabar 13 dan 10 maka akan mendapat surat suara DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Pilpres,” tuturnya.

Menurutnya, jumlah DPTb yang masuk memang yang paling banyak. ”Kebanyakan status mereka itu sedang bekerja di sini, karena perusahan banyak yang menyedot pegawai dari luar, ada juga yang bekerja di instansi pemerintah,” terangnya.

Lanjut dia, mereka yang ingin menyalurkan hak pilihnya harus mengurus surat pindah memilih atau form A5. ”Nanti itu bisa diurus di PPS atau KPU asal, atau di PPS/KPU tujuan, pemilih harus menunjukan KTP elektronik atau suket, serta salinan bukti telah terdftar di DPT,” ujarnya.(den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.