45 KSM Kota Tasik Ikut Evaluasi IPAL Komunal

147
0

KOTA TASIK – Sebanyak 45 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) se-Kota Tasikmalaya mengikuti evaluasi dan monitoring kondisi IPAL Komunal yang dikelola oleh masing-masing KSM.

Evaluasi dan monitoring yang diinisiasi oleh SNV Indonesia bersama dengan Dinas Perwaskim dan UPTD SPALD, ini dilakukan untuk mengetahui kondisi IPAL Komunal yang sudah dibangun di Kota Tasikmalaya, sejak tahun 2006 sampai 2019.

Kabid Pemukiman Dinas Perwaskim Kota Tasikmalaya, Dedi Hermawan menjelaskan, kegiatan evaluasi ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah Kota Tasikmalaya yang sedang terfokus pada Stop Buang Air Besar Sembarangan.

“Dinas Perwaskim sebagai lembaga yang memiliki tugas untuk penyediaan sarananya. Kalau untuk kesehatannya ada di Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Melalui evaluasi, Dedi berharap dapat mengetahui persoalan-persoalan apa yang dihadapi oleh para pengurus KSM, sehingga menjadi masukan untuk dicarikan solusinya.

Kepala UPTD SPALD Kota Tasikmalaya, Supriadi ST menambahkan, saat ini dari rentang waktu tahun 2011 sampai 2019 ada 45 unit IPAL Komunal yang sudah dibangun.

Namun diakui Supri, baru kali ini dilakukan evaluasi, bertemu langsung dengan pengurus KSM.

“Melalui kegiatan ini, kita identifikasi terlebih dahulu dari 45 yang sudah dibangun apakah masih berfungsi, apakah masih digunakan atau tidak. Selain itu, kami berharap juga nanti dapat terbentuk forum KSM yang menjadi sarana untuk berbagi informasi berkaitan pengelolaan IPAL Komunal,” terangnya.

Sujana salah satu pengelola KSM dari Kecamatan Tamansari menuturkan bahwa keberadaan IPAL Komunal yang ada di wilayahnya masih berfungsi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
“Untuk pemeliharaan di kami ada iuran dari masyarakat,” ungkapnya.

Selain pertemuan evaluasi, pengurus KSM juga mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya dan dari Asosiasi KSM Sanitasi Seluruh Indonesia yang disampaikan oleh Direktur AKSANSI Prasetyastuti.

(tina agustina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.