Kota Tasikmalaya Dinobatkan Menjadi Kota yang Peduli HAM

45 Master Puisi Menjadi Peserta

86
0
ARTISTIK. Halaman depan Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya (GKKT) menjadi spot selfie. Mulai hari ini (11/12) sampai besok (12/12) di GKKT akan dilaksanakan Lomba Baca Puisi Antarmaster se-Indonesia. UJANG NANDAR / RADAR TASIKMALAYA

CIHIDEUNG – Sebanyak 45 pegiat seni akan mengikuti Lomba Baca Puisi Antarmaster se-Indonesia hari ini (11/12) di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya (GKKT). Mereka dari Tasikmalaya, Bandung, Cirebon, Purwakarta, Jakarta, Bekasi, Pontianak, Berebes, Ciamis, Banjarmasin, Sumenep, Banten, Sleman, Temanggung, Sidoarjo, Bojonegoro, Surabaya, Lampung dan Jepara.

Ketua DKKT Kota Tasikmalaya Bode Riswandi menjelaskan Lomba Baca Puisi Antarmaster se-Indonesia akan dilaksanakan selama dua hari: 11 dan 12 Desember 2019. “Acara ini rencananya akan dibuka langsung oleh Wali Kota Tasikmalaya yang dimulai pada pukul 09.00,” kata dia Selasa (10/12).

Pembukaan Lomba Baca Puisi Antarmaster se-Indonesia disemarakkan penampilan Awi Salrasa, musik etnik bambu. “Untuk penonton gratis. Tidak dipungut biaya. Tinggal datang saja ke sini bagi yang ingin menonton master-masternya puisi,” ujar dia.

Penyisihan akan dilaksanakan di hari pertama. Adapun final di hari kedua. Di babak penyisihan, setiap peserta membacakan 1 judul puisi dan babak final 1 puisi.

Panitia menyediakan 14 judul puisi untuk babak final. Nantinya, mereka tinggal memilih puisi mana yang akan mereka bacakan. “Makanya peserta diwajibkan menghafalkan seluruh puisi yang sudah ditentukan panitia, (14 judul puisi, Red),” tambahnya.

Bode berharap, karena Lomba Baca Puisi Antarmaster ini pertama kali digelar, jadi akan sangat menarik disaksikan. “Mereka para pembaca dari masing-masing pelosok akan menunjukkan jurus-jurus jitunya. Pasalnya, para master ini mereka para juara di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

“Kegiatan ini dibilang Halaqoh Para Master. Mari datang untuk mengapresiasi untuk bekal dan pembelajaran,” ajak bode.

Sekretaris DKKT Kota Tasikmalaya Kepler Sinaturi menyatakan Lomba Baca Puisi Antarmaster itu bisa disaksikan masyarakat umum mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Selama dua hari. “Silahkan saja penonton datang karena tidak dipungut biaya, untuk hari keduanya grand final lomba puisi antarmaster,” kata dia.

Koordinator Rumpun Sastra DKKT Mufidz At Thoriq Sarifudin menjelaskan pendaftaran Lomba Baca Puisi Antarmaster ditutup 8 Desember. Meski sudah ditutup antusias peserta pun tetap tinggi. “Walau sudah habis massa pendaf­trannya ada sekitar 20 lebih peserta yang ingin daftar. Namun kami menolaknya karena sesuai komitmen awal bahwa pendaftaran sampai tanggal 8 Desember,” kata dia.

Jumlah peserta itu juga mempertimbangkan kondisi waktu dan juri karena akan objektif. “Kalau terlalu banyak akan sangat melelahkan bagi juri dengan waktu dua hari itu,” ujar dia. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.