5.000 WUB Kota Tasik akan Dibina dan Diberi Modal Usaha

PENCANANGAN. Wali Kota Tasikmalaya H Budi Budiman menandatangani Pencanangan Program WUB Kota Tasikmalaya di Gedung Serbaguna Balai Kota Tasikmalaya, Kamis (15/3). (foto; salsabila / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

KOTA TASIK – Guna meningkatkan dan mengembangkan potensi kewirausahaan sekaligus membuka lapangan kerja baru, pemerintah Kota Tasikmalaya mencanangkan program 5.000 wira usaha baru (WUB) dalam masa lima tahun ke depan. Yakni tahun 2018 hingga tahun 2023.

Tahun 2018, sebanyak 1.000 calon wira usaha baru yang akan dipersiapkan menjadi tenaga profesional melalui program pelatihan, magang, pendampingan, hingga fasilitasi pembiayaan usaha.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bapelitbangda KotaTasikmalaya, H Tarlan. Program WUB, kata Tarlan, merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Tasikmalaya untuk menuju pusat industri perdagangan termaju di Jawa Barat.

“untuk itu, kita perlu di dukung para pelaku usaha yang kreatif dan inovatif yang mampu bersaing di industri global,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya H Budi Budiman mengatakan program WUB merupakan salah satu realisasi janji politiknya, untuk mengurangi angka pengangguran yang masih tinggi.

Meskipun target wira usaha baru terbilang banyak, Budi menyebutkan bahwa bukan kuantitas yang diutamakan melainkan kualitas para pelaku usaha.

“Mereka (calon wirausaha, red) nanti akan diberikan subsidi tanpa beban karena tidak ada bagi hasil. Untuk itu kami titip bagi para calon wira usaha supaya bisa amanah dan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin,” ujar Budi, ditemui usai acara Pencanangan Program Wirausaha Baru Kota Tasikmalaya di Gedung Serbaguna Balai Kota Tasikmalaya, Kamis (15/3).

Salah satu peserta calon wira usaha baru, Marisa (27) warga Indihiang menyebutkan, dirinya sangat menyambut baik program positif dari pemerintah. Ia optimis bisa membuat para calon wira usaha lebih bersemangat dalam menciptakan usaha-usaha baru yang kreatif di Kota Tasikmalaya.

“Iya semoga bisa membantu kami para pelaku usaha baru supaya semakin produktif,” harapnya. (sal)

loading...