5 Hari KPK Berkerja di Banjar, Wali Kota Minta Didoakan

4271
1
SAMBUTAN. Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih memberikan sambutan saat penyaluran bansos di Aula Purwaharja, Kota Banjar, Senin (13/7). Cecep Herdi/ Radar Tasikmalaya

Aksi penggeledahan KPK ke Kota Banjar menyita perhatian publik di kota berjuluk Banjar Patroman tersebut.

Banyak pihak terutama pejabat yang berkaitan dengan proyek infrastruktur peningkatan dan pemeliharaan jalan periode tahun 2012 hingga 2017 waswas.

Baca juga : VIDEO Penggeledahan Kantor Dinas PUPR Kota Banjar, Tersangkanya? Ini Kata KPK..

Untuk itu, Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih saat menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) dari Provinsi Jawa Barat meminta doa kepada semua warga di Kota Banjar.

”Saya minta didoakan, supaya saya kuat dalam mengemban amanah, dan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” tutur Hj Ade saat memberikan sambutan di aula Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, kemarin (13/7).

Pasalnya, dari rumah dinasnya sendiri di pendopo dekat Mesjid Agung Kota Banjar, KPK telah mengamankan dua koper dan satu dus yang diduga berupa alat bukti dugaan tindak pidana korupsi infrastruktur di Dinas PUPR Kota Banjar pada Jumat (10/7).

Namun usai kegiatan, Ade enggan diwawancarai awak media. Saat tiba di Pendopo Kota Banjar pun, orang nomor satu di Kota Banjar itu bergegas menuju rumah dinasnya. Ia memilih tidak mau menberikan tanggapan terkait penggeledahan KPK ke rumah dinasnya dan ke beberapa tempat di Kota Banjar.

Sementara itu, mantan Wakil Wali Kota Banjar periode 2013-2018, Darmadji Prawirasetia berharap tidak terjadi hal-hal yang buruk usai penggeledahan PK di Kota Banjar.

Meski demikian, ia mengaku pernah dipanggil KPK untuk klarifikasi soal mahar politik pada Pilkada Kota Banjar tahun 2013. Dimana ia berhasil menjadi kandidat bersama Hj Ade Uu Sukaesih memimpin Kota Banjar.

“Semoga yang terbaik untuk Banjar. Saya pernah diundang KPK kalau tidak salah sekitar Desember 2019 di Bandung di Gedung BPK Jawa Barat. Agendanya klarifikasi soal Pilkada 2013.

Saya ditanya soal mahar politik, saya sampaikan apa adanya bahwa saya ikut Pilkada tanpa mengeluarkan uang. Saya sudah komitmen juga kepada Bu Ade, saat itu bahwa saya tidak akan pernah mengeluarkan uang untuk kepentingan dukungan partai politik. Saya serahkan ke tim sukses, kan ada tim sukses, tim pemenangan,” kata Darmadji kemarin malam (12/7) memaparkan.

Soal dugaan tindak pidana korupsi infrastruktur peningkatan dan pemelihaan jalan periode 2017 sampai 2017 di Dinas PUPR Kota Banjar? Darmadji mengaku tidak mengetahui adanya penyimpangan, karena dirinya tidak masuk di pengawasan Dinas PUPR Kota Banjar.

“Pengawasan saya di OPD yang lainnya, saya tidak masuk ke Dinas PU. Namun pada 2017, ada pembangunan Jembatan Citanduy III pada tahap pertama terjadi keterlambatan. Saya selalu mengingatkan tentang keterlambatan pekerjaan tersebut, saya ingatkan ke pemborongnya. Memang terjadi keterlambatan saat itu, tapi posisi saya tidak masuk lebih jauh diranah soal keterlambatan,” ungkap Darmadji.

Baca juga : Penggeledahan di Kota Banjar Berakhir, KPK Bawa 8 Koper dan 2 Dus Besar

Dalam situasi saat ini, ia mengaku tak memiliki beban. Sebab dirinya tidak mengetahui dan ikut campur soal dugaan korupsi di Dinas PUPR. Termasuk dalam indikasi mahar politik pilkada dirinya bersama wali kota saat itu.

“Saya tidak punya beban, saat pilkada juga tidak mengeluarkan uang. Kemudian soal giat KPK di Kota Banjar, ini kan sudah kejadian, tapi KPK belum menetapkan tersangka. Saya berpesan kepada semua pengguna anggaran harus lebih hati-hati menggunakan anggaran,” kata dia. (cep)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Mestinya ga cuma kasus infrastruktur, bansos juga harus diperhatikan,,, kenapa yg punya spd motor, punya mobil punya sawah, bahkan usaha dapat bantuan civid 19,,, sementara banyak yg selayaknya dapat bantuan malah.harus menandatangani pernyataan miskin di atas materai jika ingin dapat bantuan,,, apa ibu wali kota bangga banyak yg menyatakan miskin? Tolong cek kembali data di desa mekarharja ya bu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.