5 Juni Semua Pantai Pangandaran Dibuka dengan Tatanan New Normal atau AKB

1163
0

PANGANDARAN – Atas pertimbangan pemerintah, bahwa Kabupaten Pangandaran termasuk zona biru, maka semua Kawasan Pariwisata Pantai Pangandaran akan dibuka mulai hari Jumat, Tanggal 5 Juni 2020.

Selain itu, kawasan wisata pantai selatan Jawa itu akan memberlakukan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sesuai intruksi Gubernur Jawa Barat.

Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinata mengatakan setelah mendapatkan izin dari Gubernur Jawa Barat tentang pembukaan pariwisata Kabupaten Pangandaran, pihaknya langsung mengumpulkan para pelaku usaha pariwisata di Hotel Pantai Indah Pangandaran, Jumat (29/5) malam.

Tak lain, untuk diberikan sosialisasi dan koordinasi agar komitmen untuk tetap menjaga standar keamanan kesehatan bagi masyarakat Pangandaran.

Berita terkait : Ini 15 Daerah Zona Biru di Jabar yang Terapkan New Normal
Berita terkait : 12 Daerah Zona Kuning di Jabar yang Lanjutkan PSBB

“Kita sudah perbolehkan membuka pariwisata Jumat (5/6) mendatang, dengan catatan-catatan. Maka pelaku usaha pariwisata harus melaksanakan yang sudah tertuang dan disepakati dalam bentuk surat pernyataan,” katanya kepada Wartawan, Sabtu (30/5).

Tatanan AKB untuk pelaku wisata di Pangandaran, sambung Jeje, semua pemilik hotel, restoran, dan penjual lainnya harus membuat surat peryataan akan memakai protokol kesehatan.

Seperti pengunjung atau wisata harus memiliki surat keterangan sehat dengan bukti rapid test, pakai masker, sarung tangan, serta tempat penginapan dan rumah makan tidak boleh lebih dari 50 persen dari jumlah kuota maksimal tempat.

“Poin penting, kalau pelaku usaha pariwisata dan wisata disiplin dengan memakai masker dan sarung tangan akan menjadikan Pangandaran sehat dan ekonomi bangkit,” ujarnya.

“Selanjutnya, wisatawan harus memiliki surat keterangan sehat dan hasil rapid test, masa berlaku hanya tiga hari sejak pembuatan,” tambahnya.

(fatkhur rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.