5 Kandidat Balon Bupati Tasik Rebutan Tiket PAN

2679
0

TASIK – Lima kandidat bakal calon di Pilkada Tasikmalaya 2020 akan bersaing memperebutkan tiket dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebab, hingga Jumat (26/6) pemilik lima kursi di DPRD Kabupaten Tasikmalaya tersebut telah menerima lima berkas persyaratan bakal calon.

Baca juga : Pemerkosa Anak Tiri di Manonjaya Tasik Kabur, Polisi Periksa Saksi

Kelima kandidat bakal calon yang mendaftar ke DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya yakni Ahmad Tazakka Bonanza (AKA), Azies Rismaya Mahpud (ARM), Deni R Sagara, Cecep Nurul Yakin dan terakhir sang petahana H Ade Sugianto.

Sebelumnya, AKA, Azies dan Deni Sagara sudah lebih dulu mengembalikan formulir persyaratan bakal calon kepada tim penjaringan DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara itu, formulir persyaratan HAde Sugianto yang diwakili oleh Sekretaris DPC PDI-Perjuangan Aep Syarifudin dan Cecep Nurul Yakin diwakili oleh Ketua Fraksi PPP Kabupaten Tasikmalaya Apip Ipan Permadi, diserahkan, Kamis (25/6).

Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya Daud Ripai mengungkapkan hingga Kamis (25/6) terakhir dibuka pendaftaran bakal calon, sudah ada lima kandidat yang mengembalikan formulir persyaratan ke tim penjaringan PAN.

“Setelah ditutupnya pendaftaran ini, kami akan menggelar rakor bersama DPP PAN. Kemudian menunggu hasil keputusan DPP dalam menentukan bakal calon yang akan diusung,” ujarnya kepada Radar, Jumat (26/6).

Menurut Daud, dengan banyaknya kandidat yang mengembalikan formulir persyaratan ke PAN.

Dirinya sangat bersyukur karena menjadi salah satu partai yang diminati di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya.

“Tentu ini (banyaknya pendaftar, Red) menjadi penyemangat kami dalam menentukan pilihan di Pilkada Tasik,” tuturnya.

Hal tersebut, kata Daud, menunjukkan bahwa PAN dinilai sebagai partai politik yang besar di Kabupaten Tasikmalaya. Sehingga banyak kandidat ingin mencalonkan diri untuk diusung.

“Yang menentukan siapa yang diusung nantinya menjadi kewenangan DPP, tetapi kami pun akan memberikan masukan dan rekomendasi,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya Aep Syarifudin membenarkan jika petahana H Ade Sugianto ikut mendaftarkan diri sebagai bakal calon PAN.

”Pak Ade sudah mengembalikan formulir persyaratan calon Ade Sugianto ke PAN, Kamis (26/6). Hal ini untuk memenuhi proses administrasi pencalonan petahana,” ungkapnya.

Menurut Aep, sebetulnya PDI-Perjuangan dan PAN telah menjalin hubungan komunikasi yang baik, bahkan sudah mengarah ke koalisi di Pilkada Tasikmalaya.

“Sudah ada komitmen seperti itu (koalisi, Red), sehingga dengan mengambil dan mengembalikannya formulir ke PAN, sebagai upaya menghargai mekanisme penjaringan calon dengan mitra koalisi,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua OKK DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya Ikbal Nasihin mengatakan pada Kamis (25/6), perwakilan tim dari DPC PPP yang diwakili Ketua Fraksi PPP Apip Ipan Permadi sudah mengembalikan formulir persyaratan calon H Cecep Nurul Yakin ke PAN.

“Artinya, langkah mendaftar ke PAN bagi Pak Cecep merupakan bagian daripada komitmen baik dengan PAN maupun PDI-Perjuangan untuk saling percaya dan memahami bersama-sama di Pilkada mengarah kepada koalisi,” paparnya.

“Makanya kami menghargai mekanisme penjaringan calon bupati/wakil bupati yang dilaksanakan oleh PAN. Ketika PAN mengeluarkan SK, maka Pak Cecep harus mendaftar untuk diusung PAN,” ujar dia.

Baca juga : Kurikulum Darurat MTs Kota Tasik Solusi Saat Pandemi

Pada intinya, tambah dia, prosedur internal partai akan ditempuh sebagai upaya menjaga komunikasi dan menghargai mekanisme partai masing-masing.

“Mudah-mudahan komitmen antara PPP, PDI-Perjuangan dan PAN di Pilkada terus berjalan dengan baik,” tandasnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.