5 Tim Medis Garut Positif Corona

164
0
dr Leli Yuliani Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut

TAROGONG KIDUL – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mencatat, hingga saat ini total terdapat lima tenaga kesehatan (nakes) yang telah terpapar Covid-19.

Dari lima kasus ini, dua di antaranya merupakan kasus baru, yakni tenaga kesehatan dari Puskesmas Cempaka di Kecamatan Karangpawitan dan Puskesmas Bagendit di Kecamatan Banyuresmi.

Baca juga : Gelapkan Raskin, Mantan Kades di Garut Masuk Bui

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr Leli Yuliani mengatakan, dari lima kasus itu, tiga orang telah dinyatakan sembuh. Sementara dua orang lainnya masih menjalani perawatan. “Tak ada kasus kematian nakes yang terpapar Covid-19,” kata dr Leli kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/7).

Dengan adanya dua kasus baru ini, kata dia, layanan kesehatan di dua Puskesmas itu yakni Cempaka dan Bagendit untuk sementara dihentikan. Warga di wilayah itu yang hendak berobat disarankan ke puskesmas terdekat.

Leli belum tahu seberapa lama layanan di dua puskesmas itu akan dihentikan. Hingga saat ini, petugas survailans masih terus melakukan pelacakan (tracking) dan penelusuran (tracing) orang yang diduga pernah kontak erat dengan nakes yang terpapar Covid-19.

“(Penutupan) sampai waktu yang memang berdasarkan hasil swab ulang dan setelah dikaji bisa melakukan pelayanan lagi. Kita terus lakukan tacking, tracing, testing (pemeriksaan), treatment (penatalaksanaan yang positif), dan isolasi mandiri para OTG,” terangnya.

Baca juga : Ditahan Kejaksaan, Kadispora Garut Segera Diganti

Ia menyebut, adanya petugas medis yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Garut telah menjadi bahan evaluasi Dinas Kesehatan.

Ia mengingatkan, para nakes harus lebih waspada dalam menangani pasien. Selain itu, lanjut dia, para nakes juga harus selalu menerapkan protokol kesehatan. Sementara kepada warga, ia mengimbau untuk tak takut berobat ke puskesmas. Namun, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.