Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

50.000 Ton Daging Sapi Brasil Akan Masuk Indonesia

31
0

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan tengah menunggu surat protokol untuk memproses 50 ribu ton daging sapi impor asal Brasil.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan, surat persetujuan impor belum terbit karena harus menunggu rekomendasi dari Kementerian Pertanian (Kementan).

“Belum kami keluarkan izin impornya, karena masih menunggu surat protokol yang masih diproses oleh Kementan, untuk mengimpor 50 ribu ton daging sapi dari Brasil,” kata Wisnnu, Sabtu (5/10).

Wisnu memperkirakan, surat protokol dari Brasil akan tiba bulan ini. Dengan demikian, pihaknya bisa saja menerima rekomendasi impor daging sapi dari Kementan pada Oktober ini. Artinya, daging sapi Brasil bisa masuk ke Indonesia mulai November 2019.

“Proses rekomendasi impor dari Kementan ke Kemendag biasanya cuma beberapa hari, asalkan surat protokol dari negara pengimpor sudah diterima. Setelah rekomendasi impor keluar, maka Kemendag bisa langsung memproses Surat Permohonan Impor (SPI),” tutur dia.

Sementara itu, Direktur Pengadaan Bulog Bachtiar mengatakan, pihaknya sedang menunggu rekomendasi teknik (rekontek) dari Kementerian Pertanian (Kementan).

“Bulog belum bisa menentukan nama-nama perusahaan eksportir dari Brasil karena Kementan belum merilis rekontek,” katanya.

Bachtiar menambahkan, apabila rekontek dari Kementan sudah turun, maka Bulog baru mulai membuka tender pelelangan bagi eksportir daging di Brazil. “Ya nanti kita lelang dong, kita pun nggak akan nakal,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Kementan, Fini Murfiani menjelaskan, bahwa rekomendasi pemberian terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, adanya head protocol (protokol kepala) antara satu negara dengan negara lain.

Kedua, ada studi (desk study) untuk melihat kondisi negara asal ekspor. Kemudian apabila sudah sepakat, ditentukan unit usaha yang memasok daging ke Indonesia. “Semuanya masih dalam tahap proses,” ujar Fini dengan singkat.

Sebagai informasi, izin impor daging sapi diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas) di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Agustus 2019.

Pemerintah menugaskan PT Berdikari, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), dan Perum Bulog. Mayoritas atau sebanyak 30 ribu ton daging sapi akan diimpor oleh Perum Bulog, sedangkan PPI dan Berdikari mendapat kuota masing-masing 10 ribu ton. (der/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.